Penyebab dan Cara Memperbaiki Earphone Mati Sebelah

Selasa, 09 Januari 2024 - 19:29 WIB
Salah satu masalah earphone kabel yang paling sering terjadi adalah speaker mati sebelah. (Foto: MNC)
JAKARTA - Cara memperbaiki earphone mati sebelah bikin netizen penasaran. Selain mengganggu aktivitas dan komunikasi, earphone yang mati sebelah berpotensi mengganggu pendengaran.

Earphone merupakan salah satu perangkat audio yang penting, terutama bagi pengguna smartphone yang hobi mendengarkan musik. Sayangnya, earphone sendiri cukup rentan mengalami kerusakan karena bentuknya yang kecil.

Untuk earphone berkabel, salah satu masalah yang paling sering terjadi adalah speaker mati sebelah. Masalah ini membuat tidak nyaman saat mendengarkan musik atau menonton film di smartphone. Alih-alih beli perangkat baru, kamu bisa kok mencari tahu penyebab dan cara memperbaiki earphone mati sebelah.

Penyebab Earphone Mati Sebelah



Penyebab earphone mati sebelah bisa karena kabel yang tertekuk. Hal ini terjadi karena kebiasaan buruk pengguna yang kerap kali menekuk kabel. Selain kabel tertekuk, periksa apakah kabel terpotong. Sebab, kabel yang terpotong menyebabkan terputusnya transmisi suara dari ke jack earphone.



Pastikan pula kabel tidak terkelupas yang jika dibiarkan terus-menerus, earphone akan berhenti bekerja secara tiba-tiba. Bila ditemukan bagian yang terkelupas, segera isolasi.

Cara Memperbaiki Earphone Mati Sebelah



Setelah mengetahui penyebab earphone mati sebelah, kini saatnya kamu mengetahui cara memperbaikinya. Earphone yang mati sebelah akan menghasilkan suara yang hanya terdengar di salah satu sisi earphone, baik itu bagian kiri atau kanan. Jika kamu mengalami hal tersebut, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

1. Meluruskan Kabel Earphone

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More