Ilmuwan Ciptakan Chip Semikonduktor Berbasis Cahaya, Punya Banyak Manfaat di Masa Depan

Senin, 18 Desember 2023 - 21:27 WIB
Tetapi dengan menyetel secara tepat pada frekuensi tertentu pada pita yang lebih tinggi, yang cenderung ramai, lebih banyak informasi dapat mengalir melalui chip secara lebih akurat. Hal ini penting untuk teknologi nirkabel masa depan yang akan mengandalkan frekuensi yang lebih tinggi.

Frekuensi ini memiliki panjang gelombang yang lebih pendek, dan karena itu dapat membawa lebih banyak energi, yang setara dengan bandwidth yang lebih tinggi untuk data. “Filter fotonik gelombang mikro memainkan peran penting dalam komunikasi modern dan aplikasi radar,” kata Ben Eggleton, wakil rektor (penelitian) di University of Sydney dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Senin (18/12/2023).

Frekuensi yang lebih tinggi memungkinkan kecepatan yang lebih tinggi karena kapasitas energi yang lebih besar dari panjang gelombang yang lebih pendek, tetapi ada kemungkinan lebih tinggi dari gangguan dan halangan. Ini karena panjang gelombang yang lebih pendek sulit untuk menembus permukaan dan objek yang lebih besar, juga mengurangi jangkauan sinyal.

“Ini menawarkan fleksibilitas untuk menyaring frekuensi yang berbeda secara tepat, mengurangi gangguan elektromagnetik dan meningkatkan kualitas sinyal,” kata Eggleton. Di sinilah kemajuan dalam arsitektur chip berperan - dengan fotonik memainkan peran kunci dalam chip semikonduktor jaringan yang akan digunakan untuk menyalakan perangkat 6G.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More