Kilas Balik Perkembangan Kecerdasan Buatan di 2023: Meledak dan Penuh Drama!

Sabtu, 16 Desember 2023 - 07:22 WIB
Kecerdasan buatan AI generatif selama 2023 mengalami popularitas yang luar biasa. Foto: The Information
JAKARTA - Bisa dibilang 2023 adalah tahunnya kecerdasan buatan . Sebab, ada banyak sekali hal yang terjadi di tahun ini. Perusahaan seperti Nvidia, Google, Microsoft, OpenAI, dan Silicon Valley berlomba-lomba fokus di AI generatif .

Kecerdasan buatan generatif (GenAI) mendapatkan popularitas pertama kali pada November 2022 ketika OpenAI merilis ChatGPT pertama kali ke publik. Dari situ, ChatGPT menjadi aplikasi dengan pertumbuhan tertinggi sepanjang masa: mencapai 100 juta pengguna bulanan hanya dalam 2 bulan.

Kecerdasan buatan generatif (Gen AI) sendiri merupakan algoritma AI yang dapat mengambil data yang ada (video, gambar, suara, atau bahkan kode komputer) dan menggunakannya untuk membuat konten yang benar-benar baru dan tidak pernah ada di dunia non-digital.

Gen AI menjadi tren teknologi yang populer dan banyak dipakai di berbagai bidang pada 2023. Penggunaan Gen AI di Indonesia diharapkan dapat membuka kesempatan ekonomi hingga triliunan rupiah.

Nah, berikut adalah rangkuman ledakan AI generatif sepanjang 2023:

1. Januari

Menyusul sukses ChatGPT, pada Januari 2023 Microsoft mengumumkan bahwa mereka menginvestasikan USD10 miliar di OpenAI selama beberapa tahun.



2. Februari

Beredar rumor bahwa Microsoft akan meluncurkan chatbot AI miliknya sendiri yang didukung oleh ChatGPT. Sementara Google meluncurkan bot Bard-nya. Namun, pengungkapannya tidak terlalu detail.

Beberapa hari kemudian, Microsoft meluncurkan chatbot Bing dan browser Edge baru. CEO Microsoft Satya Nadella dan CEO OpenAI Sam Altman tampil di panggung, menjelaskan kemitraan dan bagaimana kedua perusahaan akan menghadirkan AI generatif kepada pelanggan Microsoft.

3. Maret

Google membuka akses ke Bard untuk sejumlah pengguna terbatas. Langkah ini sebagian besar dipandang sebagai sarana bagi Google untuk mengimbangi salah satu pesaing terbesarnya di bidang teknologi.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More