Jangan Panik, Ini yang Harus Dilakukan Ketika Merasa Kena Hack

Senin, 23 Oktober 2023 - 11:42 WIB
Serangan hacker semakin marak dan menyasar siapa saja tanpa pandang bulu. (Foto: Dok SINDOnews)
JAKARTA - Serangan hacker semakin marak dijumpai saat ini. Ketika menjadi korban, jangan langsung panik karena ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan.

Lantas apa saja yang harus dilakukan saat sadar telah menjadi korban hack? Berikut langkah-langkahnya, melansir laman Kaspersky, Senin (23/10/2023).

1. Jangan berikan informasi lebih jauh



Aturan pertama dan paling mendasar yang bisa dilakukan apabila mendapat mendapat kesan buruk dari situs web yang menanyakan nama, email, telepon, atau informasi kartu bank, segera tutup.

Jika sedang berbicara dengan seseorang melalui telepon, meskipun mereka mengaku berasal dari bank atau dukungan teknis, dan percakapan tersebut tampak aneh, segera tutup telepon dan jangan jawab jika mereka menelepon kembali.



Penipu sering kali menggunakan skema yang rumit, mereka mungkin menelepon dari nomor lain atau menghubungi melalui pesan instan, mungkin berpura-pura menjadi orang lain atau dari organisasi lain. Abaikan mereka.



2. Putuskan sambungan perangkat dari internet



Poin penting jika menginstal aplikasi apapun atas permintaan seseorang, atau seseorang melakukan sesuatu di komputer menggunakan alat kendali jarak jauh, termasuk Zoom, Skype, MS Teams, atau Google Meet.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More