Benarkah WhatsApp Nguping Pembicaraan Kita? Begini Cara Tahunya!

Kamis, 11 Mei 2023 - 16:24 WIB
Pengguna bisa mengetahui aplikasi apa saja yang menggunakan mikropon di HP mereka, termasuk WhatsApp. Foto: Getty Images
JAKARTA - WhatsApp diduga menguping pembicaraan pengguna secara diam-diam ketika mereka sedang terlelap. Lantas, bagaimana cara mencegahnya?

Seorang engineer di Twitter Foad Dabiri mengklaim bahwa mikropon di aplikasi WhatsApp miliknya aktif saat ia sedang tidur. Belakangan hal tersebut dibantah oleh WhatsApp, mengatakan bahwa hal itu hanyalah bug di Android.

Terlepas dari itu, tim WhatsApp maupun Google sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut. Nah, bagaimana dengan kita sebagai pengguna? Bisakah kita mengecek apakah WhatsApp memiliki akses ke mikropon di ponsel? Jawabannya bisa.

Hal tersebut disampaikan oleh pemerhati keamanan siber dan pendiri Vaksincom Alfons Tanujaya. Ia mengatakan, WhatsApp akan memiliki akses ke mikropon di HP Anda jika digunakan untuk melakukan panggilan suara (menelpon), merekam voice notes, atau merekam video.





”Jika Anda merasa tidak nyaman dan ingin privasi lebih, tentu saja Anda bisa mematikan fitur itu (mikropon). Tapi minusnya, Anda tidak lagi bisa merekam suara lewat WhatsApp,” beber Alfons.

Nah, berikut cara untuk mematikan fitur mikropon di aplikasi Whatsapp:

1. Buka Settings

2. Masuk ke Aplikasi

3. Klik Permissions – Klik ulang Permissions
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More