Hilangkan Stres dengan Mencuci Piring

Selasa, 15 Maret 2016 - 14:30 WIB
Hilangkan Stres dengan Mencuci Piring
Hilangkan Stres dengan Mencuci Piring
A A A
JAKARTA - Mengatasi stres ternyata tidak selalu membutuhkan banyak biaya dan terapi. Ada cara yang sederhana dan mudah dilakukan siapa saja yang sedang stres mendadak di rumah. Anda cukup pergi ke dapur. Jika ada tumpukan piring kotor, cucilah, dan stres Anda bisa berkurang. Kenapa bisa begitu?

Ini karena sebuah penelitian yang dilakukan Florida State University mengungkapkan, mencuci piring bisa menurunkan kadar stres. Dalam penelitian tersebut, para peneliti telah meneliti 51 mahasiswa pencuci piring.

Dilansir dari Fox News, penelitian tersebut menunjukkan bahwa mencuci piring bisa menjadi salah satu terapi untuk menghilangkan stres dan beban pikiran. "Dengan cara tertentu, mencuci piring bisa dijadikan cara mudah untuk terapi menghilangkan stres," papar peneliti Adam Hanley.

Penelitian yang melibatkan 20 mahasiswa pencuci piring ini juga menunjukkan, orang yang mencuci piring penuh kesadaran atau fokus pada aroma sabun, merasakan suhu air dan menyentuh peralatan makan, berhasil menaikkan inspirasi sebanyak 25% dan menurukan kegugupan sampai 27%.

"Beberapa gerakan tangan, aroma sabun, serta banyaknya busa sabun yang tersentuh tangan saat mencuci piring, secara tidak langsung dapat menurunkan tekanan dan beban dalam pikiran dan membuat stres menjadi hilang," tutur dia.

Agar hasil semakin optimal, Adam pun menyarankan, untuk mencuci piring dengan perlahan dan tidak lupa untuk mengatur nafas.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3377 seconds (0.1#10.140)