IndiHome Resmi Gabung ke Telkomsel, Sambut Tren Fixed Mobile Convergence

Selasa, 11 April 2023 - 20:35 WIB
Bergabungnya IndiHome dan telkomsel menghadirkan bisnis layanan fixed dan mobile broadband terbesar di Indonesia. Foto: dok Telkomsel
JAKARTA - PT Telkom Indonesia (Telkom) dan Telkomsel baru saja menandatangani Perjanjian Pemisahan Bersyarat (Conditional Spin-off Agreement/CSA) untuk mengintegrasikan layanan IndiHome ke Telkomsel.

Pemisahan usaha dan integrasi ini sejalan dengan inisiatif Fixed Mobile Convergence (FMC) . Apa itu?

FMC sendiri merupakan konsep di mana jaringan telekomunikasi nirkabel dan kabel terintegrasi untuk menciptakan lingkungan terpadu. Sehingga pengguna dapat menggunakan layanan komunikasi yang sama dari mana saja dan dengan perangkat apa saja.

Dalam FMC, pengguna bisa memakai perangkat serupa. Misalnya HP, untuk mengakses layanan telepon, data, dan multimedia, baik dari jaringan tetap (fixed) maupun seluler.

Dengan FMC, pengguna dapat dengan mudah berpindah dari jaringan seluler ke jaringan tetap dan sebaliknya tanpa mengalami gangguan dalam layanan komunikasi mereka.



Contohnya, pengguna FMC bisa memiliki nomor telepon tunggal dan satu akun untuk semua layanan mereka, yang dapat diakses dari mana saja dan dengan perangkat apa saja.

Juga, memungkinkan operator telekomunikasi mengintegrasikan berbagai layanan dalam satu platform. Dampak jangka panjangnya, bisa mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi operasi mereka.

Menjadi Pemain Dominan

TelkomGroup berharap inisiatif FMC bisa memperkuat posisi mereka sebagai pemain telekomunikasi terbesar di Indonesia. “Proses integrasi layanan broadband untuk pelanggan ritel TelkomGroup adalah bagian dari tranformasi bisnis untuk memperkuat posisi perusahaan,” jelas Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah.

Menurut Ririek, integrasi IndiHome sebagai pemain fixed broadband terbesar di Indonesia yang dimiliki 100% oleh Telkom ke Telkomsel memungkinkan masyarakat memperoleh layanan broadband lebih luas. ”Pelanggan dapat berpindah tempat dengan bebas, tanpa khawatir kehilangan layanan,” bebernya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More