TikTok Beri Opsi Batasi Screen Time di Aplikasi, Supaya Pengguna Tidak Ketagihan

Senin, 13 Maret 2023 - 07:53 WIB
TikTok memberikan opsi bagi pengguna dan orang tua untuk membatasi waktu mereka bermain aplikasi tersebut. Foto: dok Reuters
JAKARTA - Ketika aplikasi seperti Facebook dan Instagram justru berlomba-lomba untuk menjaga agar pengguna tetap di aplikasi, yang dilakukan TikTok justru sebaliknya. Yakni, membuat fitur-fitur yang membatasi pengguna agar tidak terlalu banyak bermain TikTok.

Termasuk juga, memberikan pilihan bagi orang tua untuk membatasi waktu bermain TikTok anak-anak mereka yang masih di usia remaja.

TikTok baru saja meluncurkan beragam fitur baru untuk remaja, keluarga, dan komunitas pengguna mereka. Uniknya, mereka justru membatasi akses pengguna tertentu untuk membuka aplikasi TikTok. Misalnya remaja dibawah 18 tahun.

“Kami menambahkan lebih banyak opsi kustomisasi, penyetelan baru bagi remaja, hingga fitur Family Pairing untuk memperluas akses kontrol orang tua,” ujar Cormac Keenan, Head of Trust and Safety, TikTok.

Nah, berikut beberapa perubahan yang diberikan TikTok:



1. Screen time remaja dibatasi 60 menit

Dalam beberapa pekan mendatang, screen time untuk setiap pengguna di bawah usia18 tahun akan secara otomatis dibatasi menjadi 60 menit per hari.

“Kami telah berkonsultasi dengan para peneliti akademis dan pakar dari Digital Wellness Lab di Boston Children’s Hospital untuk menentukan batasan ini,” ujar Cormac.

Jika pengguna remaja telah mencapai batas screen time 60 menit, pengguna akan diminta memasukkan kode sandi untuk dapat terus menonton.

“Kami mengajak pengguna remaja menetapkan batas screen time harian mereka,” tambahnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More