Penjualan PC Global Lanjutkan Penurunan

Jum'at, 10 April 2015 - 13:17 WIB
Penjualan PC Global Lanjutkan Penurunan
Penjualan PC Global Lanjutkan Penurunan
A A A
CALIFORNIA - Gartner memperkirakan penjualan komputer pribadi (PC) pada kuartal pertama tahun ini mencapai 71,7 juta unit atau turun 5,2% dari tahun sebelumnya.

Sementara, berdasarkan data dari perusahaan riset kedua, International Data Corp (IDC), memperkirakan penjualan PC justru turun lebih dalam yakni 6,7% atau hanya 68,5 juta unit. Agka ini bahkan terendah dalam enam tahun terakhir.

Seperti dikutip dari Japan Today, Jumat (10/4/2015), penurunan penjualan PC ini menyebabkan permintaan komputer desktop terjun, lantaran mulai tergerus dengan penjualan smartphone, tablet, dan gadget lainnya.

Gartner menilai, penjualan PC mendapatkan dorongan akhir tahun ini ketika Microsoft Corp merilis versi berikutnya dari Windows, tapi mereka masih mengharapkan penurunan secara keseluruhan dalam penjualan untuk tahun ini.

Analis Gartner Mikako Kitagawa mengatakan, satu titik terang diidentifikasi olehnya adalah peningkatan penjualan komputer laptop dan model hybrid yang menggabungkan fitur dari tablet dan laptop. Hal ini bisa membantu mendorong kembali secara bertahap ke pertumbuhan tahun depan, kata .

Sementara, beberapa produsen komputer seperti Lenovo sebagai perusahaan asal China justru mengalami peningkatan penjualan di seluruh dunia. Sementara, pembuat komputer Hawlett-Packard yang berbasis Amerika Serikat (AS) menempati urutan kedua, diikuti Dell.

Penurunan penjualan PC global terjadi selama tiga tahun terakhir, namun IDC dan Gartner memproyeksikan kembali akan terjadi pertumbuhan pada 2016. Sementara banyak pengguna komputer saat ini lebih memilih perangkat portabel, analis mengatakan beberapa orang yang membeli tablet menilai bahwa laptop PC lebih praktis untuk kegiatan tertentu, seperti mengetik.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0743 seconds (0.1#10.140)