Tren Enkripsi Buka Kesempatan Industri Keamanan Cyber

Rabu, 25 Maret 2015 - 14:25 WIB
Tren Enkripsi Buka Kesempatan Industri Keamanan Cyber
Tren Enkripsi Buka Kesempatan Industri Keamanan Cyber
A A A
JAKARTA - Kehadiran Edward Snowden pada ajang CeBIT 2015, cukup membuat banyak pihak penasaran. Dalam kesempatan tersebut, ia kembali menegaskan pentingnya menggunakan saluran aman untuk komunikasi.

Ahli IT yang tersohor karena keberanian mengungkap praktek penyadapan AS terhadap negara lain ini menegaskan, teknologi enkripsi akan menjadi tren 2015. Hal ini dibenarkan Ketua Lembaga riset keamanan cyber, Pratama Persadha.

"Tahun 2015 isu keamanan menjadi fokus utama, mengingat 2014 tindakan kejahatan cyber meningkat pesat dan salah satu solusi paling memungkinkan adalah teknologi enkripsi," jelasnya. Pratama menjabarkan, jika Snowden jelas memberikan peringatan awal bahwa komunikasi plain tanpa pengamanan sangat berbahaya. Tidak hanya bagi pemerintah, namun juga bagi dunia bisnis.

"Di sanalah teknologi enkripsi melengkapi keamanan dalam sistem informasi dan komunikasi," tegasnya. Situasi ini tergambar jelas dalam ajang CeBIT 2015. Menurut Pratama melihat isu keamanan menjadi perhatian utama. Ini bisa dilihat dari banyaknya perusahaan peserta yang menawarkan teknologi enkripsi untuk mencegah penyadapan dan peretasan.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8907 seconds (0.1#10.140)
pixels