SAS Perkirakan Pertumbuhan Data Bisa 50 Kali Lipat

Senin, 09 Maret 2015 - 11:39 WIB
SAS Perkirakan Pertumbuhan...
SAS Perkirakan Pertumbuhan Data Bisa 50 Kali Lipat
A A A
JAKARTA - SAS memperkirakan pertumbuhan data akan semakin besar dalam beberapa tahun mendatang. Bahkan, pada 2020 mendatang, jumlah informasi yang dibuat dan direplika telah mencapai 50 kali lipat dari yang ada pada 2012.

Pada 2012 itu, tercatatkan jumlah informasi yang dibuat dan direplika telah melampaui 2,8 zettabytes (2,8 triliun gigabyte). Jumlah itu tumbuh hingga sembilan kali lipat hanya dalam lima tahun.

Data berasal dari mana saja, mulai dari sistem operasional hingga transaksional. Begitu juga dari sistem pemindaian hingga manajemen fasilitas, dari titik kontak pelanggan inbound dan outbound, dari media mobile dan web. Ledakan data ini bukanlah hal yang baru.

Tren ini telah dimulai pada tahun 1970-an, perbedaannya adalah pada kecepatan pertumbuhan, keragaman data dan pemanfaatan pada informasi guna kebutuhan transformasi bisnis. "Teknologi dan praktik terbaik baru atas big data saat ini menjadi semakin menarik. Potensi big data masih terbuka lebar, di SAS, kami optimis tentang potensi yang lebih lagi atas big data dengan big data analytics,” ujar Sales Director SAS Indonesia, Peter Sugiapranata seperti dalam keterangan tertulisnya, Senin (9/3/2015).

Dengan big data analytics, para ilmuwan data dan yang lainnya dapat menganalisis data dalam jumlah yang besar. Demikian juga, para TI dapat lebih fokus pada manfaat yang lebih teknis dari teknologi tersebut, seperti meningkatkan kinerja pengolahan dan meningkatkan keamanan data.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9576 seconds (0.1#10.140)