Pekerja di China Manipulasi Tingkatkan Rating App Store

Jum'at, 06 Februari 2015 - 10:54 WIB
Pekerja di China Manipulasi Tingkatkan Rating App Store
Pekerja di China Manipulasi Tingkatkan Rating App Store
A A A
BEIJING - China memang negara serba bisa, Anda tidak hanya dapat membayar orang membantu mencari emas, tetapi juga dapat membayar mereka membantu meningkatkan rating aplikasi. Sebuah bocoran foto mengungkapkan, seorang pekerja China bertugas men-download aplikasi sepanjang hari, dari puluhan smartphone dan iPhone.

Dikutip dari Ubergizmo, Jumat (6/2/2015), foto tersebut diposting TechAsia (via iClarified). Para pekerja tersebut men-download sebuah palikasi untuk meningkatkan rating pada iTunes App Store. Setelah itu menghapusnya dan kembali men-download.

Seorang pekerja bisa mengerjakan sebanyak 100 handset, dan jumlah tersebut bisa bertambah. Cara kerja seperti ini, bisa diketahui berapa biaya yang dikeluarkan pengembang untuk meningkatkan rating aplikasi mereka.

Sebagai contoh, jika pengembang ingin agar aplikasinya masuk dalam Top 10 Aplikasi Gratis, akan dikenakan biaya USD11.200 atau sekitar Rp141,344 juta. Untuk biaya pemeliharaan akan dikenakan USD65.000 atau senilai Rp820,3 juta. Belum lagi biaya bulanan, dengan nilai berdasarkan negosiasi. Harga yang tidak sedikit untuk memanipulasi rating aplikasi.

Apple telah mengambil langkah-langkah preventif manipulasi atau peringkat di app store, dengan menggunakan sistem download manual. Tapi jika dilihat dari gambar yang ada, tampak pekerja tersebut menikmati apa yang dilakukannya.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8346 seconds (0.1#10.140)