Tiga Aplikasi Berbahaya Hadir di Play Store

Kamis, 05 Februari 2015 - 11:51 WIB
Tiga Aplikasi Berbahaya Hadir di Play Store
Tiga Aplikasi Berbahaya Hadir di Play Store
A A A
CALIFORNIA - Sebuah posting baru pada blog Avast yang memperkenalkan aplikasi dari Play Store, ternyata tidak seaman yang dipikirkan banyak orang. Setidaknya sampai Google menemukan cara melawan wabah ini.

Dikutip dari Phonearena, Kamis (5/2/2015), dalam postingan tersebut disampaikan sekitar tiga aplikasi yang sebenarnya menyembunyikan 'wabah'. Dan mereka masuk ke dalam jajaran aplikasi Play Store yang siap di-download.

Ketika di-download, aplikasi-aplikasi tersebut tidak bisa langsung berfungsi, 'wabah' ini akan menunggu setidaknya satu perangkat berhenti berfungsi, dan kemudian beberapa hari kemudian (bahkan bisa dalam hitungan satu bulan), mereka akan mulai berbahaya.

Pengguna tidak menyadari jika aplikasi tersebut sebetulnya berbahaya dan dapat menyebabkan kerusakan. Sehingga, mereka kerap menyimpan aplikasi-aplikasi tersebut dalam perangkat mereka.

Sekarang, aplikasi-aplikasi tersebut sudah tidak terlalu berbahaya. Mereka kerap memberikan pengguna janji palsu mengatakan, bahwa telepon telah terinfeksi. Kemudian mereka menghubungkan toko pihak ketiga aplikasi.

Selain itu, mereka juga menghubungkan dengan aplikasi anti-virus sesungguhnya pada Play Store. Dengan maksud pengembang mengatakan telah mensponsori malware, tapi kita tidak bisa langsung mengambil keputusan.

Melihat fenomena ini, hendaknya pengguna ponsel harus lebih berhati-hati saat memilih aplikasi di Play Store. Sebagai informasi, beberapa aplikasi yang telah dihapus dari Play Store adalah Durak, Konka Russian History dan Iwolud IQ Test.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0309 seconds (0.1#10.140)