Jejaring Toko Online Ini Besutan Dosen UI

Selasa, 06 Januari 2015 - 21:29 WIB
Jejaring Toko Online Ini Besutan Dosen UI
Jejaring Toko Online Ini Besutan Dosen UI
A A A
DEPOK - Sejumlah dosen dan alumni Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) berkolaborasi meluncurkan Pajon Checkout yang merupakan Toko Online Indonesia. Toko ini diklaim asli dari dan untuk bangsa Indonesia.

Mereka adalah Chairul Hudaya dan Ardiansyah yang merupakan dosen FTUI serta Adityo Abdi Nugroho dan Tribuana yang merupakan alumni FTUI. Mereka tergabung dalam Pajon Teknologi Indonesia yang merupakan startup pengembang produk dan layanan elektronik berbasis Internet.

Pajon Checkout dapat diakses melalui laman http://checkout.co.id. Dalam keterangan tertulisnya disebutkan, pertumbuhan industri e-Commerce di Indonesia kiat meningkat. Hal tersebut dapat terlihat dari animo masyarakat Indonesia dalam berbelanja produk melalui beragam situs e-Commerce.

Pertumbuhan pesat industri tersebut dapat dilihat pula dari semakin bertambahnya pelaku industri e-Commerce di Indonesia baik itu toko online kecil, menengah maupun besar. Namun, mayoritas toko online kecil dan menegah menghadapi sejumlah permasalahan yang sama yaitu masalah keamanan dan kemudahan transaksi, tingkat kepercayaan dari konsumen, pengelolaan toko online hingga ketepatan waktu pengiriman.

"Melihat hal tersebut, menginspirasi mereka untuk menciptakan Pajon Checkout dengan fitur Single Account agar dapat memberi kesempatan bagi para Merchant/Seller untuk mengintegrasikan website toko online pribadi yang mereka punya ke sistem Pajon Checkout," ujar Kepala Kantor Komunikasi UI Farida Haryoko, Selasa (6/1/2014).

Pihaknya mengklaim Seller akan mendapatkan keuntungan lebih dengan tetap dapat menggunakan website atau blog toko online yang sebelumnya digunakan untuk identitasnya dalam berjualan online. Tidak perlu lagi mengurus manajemen transaksi hingga sistem pembayarannya.

Diharapkan melalui situs ini kepercayaan dan kepuasan pelanggan dapat meningkat karena proses pengiriman barang dapat dimonitor antara seller, pembeli dan Pajon Checkout dalam satu dashboard. Para pembeli toko online hanya perlu memiliki satu akun Pajon Checkout untuk dapat bertransaksi di semua toko online yang ada dimanapun dan memonitor barang dan jasa yang telah dibelinya dengan nyaman dan mudah.

"Pajon Checkout merupakan wujud dari percontohan kuliah kewirausahaan yang ada di FTUI dan sarana pengabdian masyarakat khususnya bagi usaha kecil, menengah untuk mempromosikan produknya ke pasar nasional maupun internasional secara online. Dengan hadirnya Pajon dapat membantu bertumbuhnya penjual online, khususnya dari lapisan kecil dan menengah. Dan juga para pembeli akan lebih berani berbelanja online karena dapat merasakan kenyamanan dalam bertransaksi online dengan mudah, cepat dan aman," tutup Farida.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2013 seconds (0.1#10.140)