Google News Ditutup

Kamis, 11 Desember 2014 - 18:53 WIB
Google News Ditutup
Google News Ditutup
A A A
CALIFORNIA - Google News tampaknya tengah menghadapi masalah sulit dan mengakibatkannya di tutup di Spanyol.

Dilansir dari Slashgear, Kamis (11/12/2014), banyak perusahaan publikasi menuntut Google membayar berita yang ditampilkan mereka. Bahkan jika itu hanya berupa potongan berita ataupun secara utuh.

Sayang, perusahaan mesin pencari besar itu menolaknya dengan tegas. Di Jerman langkah penolakan membuahkan hasil manis, tapi tidak di Spanyol.

Pada awal November, yang disebut hukum "Pajak Google" disahkan membutuhkan penerbit berita untuk mengisi Google, dan perusahaan itu akan mendapatkan royalti ketika konten mereka ditampilkan dalam hasil pencarian. Persyaratan ini dibuat bahkan jika publikasi tidak ingin membebankan biaya, dan bertujuan memperkuat perusahaan media yang bermasalah.

Tampaknya, persyaratan itu kemudian menjadi boomerang. Namun, sepertinya Google tidak menampilkan iklan pada atau menghasilkan uang dari Google News. Untuk alasan ini, Google mengumumkan akan menutup Google News di Spanyol menjelang hukum berlakunya pada 1 Januari.

Pada 16 Desember, Google akan menghapus penerbit Spanyol dari Google News. Hal ini akan dilakukan secara bertahap sampai dengan layanan benar-benar tutup di Spanyol.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9103 seconds (0.1#10.140)