Ertiga Club Indonesia Sabet Juara Pertama Olimpiade Pertamax

Senin, 08 Desember 2014 - 09:41 WIB
Ertiga Club Indonesia Sabet Juara Pertama Olimpiade Pertamax
Ertiga Club Indonesia Sabet Juara Pertama Olimpiade Pertamax
A A A
JAKARTA - Olimpiade Pertamax yang digelar PT Pertamina (Persero) telah masuk putaran final di Jakarta. ERCI (Ertiga Club Indonesia) Sumut berhasil menjadi juara pertama setelah berhasil membukukan catatan konsumsi bahan bakar paling irit. Menempuh jarak 62 km dengan bekal 4 liter bensin.

"Olimpiade Pertamax diselenggarakan untuk menunjukan kontribusi Pertamina mendukung efisiensi bahan bakar. Dengan adanya pengetesan ini masyarakat akan mengetahui mengunakan Pertamax, konsumsi BBM akan lebih irit dan jarak tempuh lebih panjang," ujar Commercial Fuel Marketing Manager Pertamina Yanuar Budi Hartanto di Tangerang, Minggu (7/12/2014).

Olimpiade Pertamax adalah kompetisi mengemudi hemat bahan bakar antar komunitas seluruh Indonesia. Lomba ini diikuti lima pemenang dari masing-masing seri yang sebelumya telah digelar di Medan, Bali, Surabaya dan Jogyakarta.

Peserta menggunakan mobil Datsun Go+ Panca. Setiap mobil yang dipakai direkayasa agar setara dari segi kemampuan kendaraan baik segi tipe, transmisi hingga tapak ban. Metode yang dipakai ialah menguras seluruh isi tangki BBM hingga tidak dapat di starter. Kemudian mobil diisi Pertamax sebanyak 4 liter.

"Khusus untuk final di Jakarta, rute yang ditempuh dibuat sama. Tujuannya agar lebih fair karena persertanya ada dari luar daerah. Beda sewaktu kualifikasi di tiap daerah, rute dibebaskan karena mereka (peserta) lebih tahu rutenya," imbuh Yanuar.

Pada gelaran final ini, tiap tim wajib mengendarai mobil hingga bahan bakar didalam tangki habis. Tim berangkat dari SPBU Pertamina COCO di bilangan Kuningan. Lima tim kemudian melanjutkan ke tiga checkpoint di kawasan Kota Tua, Cilandak Town Square, Plaza Festival dan Finish di Pisa Cafe Flavor Bliss Alam Sutra, Tangerang.

Lima tim yang berpartisipasi pada final Olimpiade Pertamax di Jakarta:

- ERCI (Ertiga Club Indonesia) Chapter Medan.
- GCC (Great Corolla Club) Chapter Bali.
- KRT (Kakitua Racing Team) Surabaya.
- JSC (Jogya Slalom Community) Yogyakarta.
- ERCI (Ertiga Club Indonesia) Chapter Jakarta

Juara final Olimpiade Pertamax di Jakarta:
Juara 1 diraih ERCI (Ertiga Club Indonesia) Chapter Medan, (62 km) berhak atas hadiah 1 unit datsun GO+ Panca.
Juara 2 diraih GCC (Great Corolla Club) Chapter Bali, (52,3 km) berhak atas hadiah Rp10 juta rupiah.
Juara 3 diraih ERCI (Ertiga Club Indonesia) Chapter Jakarta didiskualifikasi karena memotong jalur.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7757 seconds (0.1#10.140)