Survei: Dampak Jejaring Sosial Tidak Bahagia dan Mudah Curiga

Selasa, 02 September 2014 - 19:03 WIB
Survei: Dampak Jejaring...
Survei: Dampak Jejaring Sosial Tidak Bahagia dan Mudah Curiga
A A A
ROMA - Adanya media sosial sangat membantu memberikan informasi dengan cepat. Saat ini banyak pilihan media sosial, yang rata-rata digunakan untuk ngobrol, pasang status, memberi informasi atau lainnya. Seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path dan masih banyak lagi.

Namun tidak semua pengguna, menggunakannya dengan baik. Begitu juga dampak yang ditimbulkan, tidak selalu positif. Ambil contoh yang belum lama terjadi yaitu kasus Florence Sihombing yang menjelekkan DI Yogyakarta lewat akun Pathnya.

Florence mengungkapkan kekesalannya dengan kalimat yang tidak patut melalui media sosial Path. Perbuatannya malah tidak membuat simpati, bahkan sebaliknya.

Menurut sebuah studi yang dilakukan dua peneliti asal Eropa yaitu Fabio Sabatini dari Sapiensa University di Roma dan Francesco Sarracino dari STATEC Luxemburg, para pengguna jejaring sosial akan cenderung mempunyai sikap kurang bahagia dan tak puas dengan kehidupan yang dijalaninya. Selain itu, para pengguna jejaring sosial juga akan lebih gampang curiga.

Survei ini melibatkan responden sebanyak 50 ribu orang yang tinggal di Italia. Survei itu meminta peserta menjawab seberapa puas mereka dengan kehidupan mereka saat ini, seberapa sering mereka bertemu dengan teman-teman, apakah mereka percaya orang-orang dan apa yang mereka biasanya lakukan di internet.

Dari hasil yang didapatkan, dapat disimpulkan bahwa orang cenderung merasa lebih puas dengan kehidupan mereka. Dan menjadi lebih percaya orang jika mereka sering bertemu dengan teman-teman secara pribadi.

Sebaliknya, bagi mereka yang hanya sering bertatap muka di dunia maya, mempunyai kualitas hidup yang kurang bahagia dan cenderung untuk mencurigai orang lain, dilansir dari Engadget, Selasa (2/9/2014).

Sabatini dan Sarracino menganggap efek keseluruhan dari jejaring sosial pada individu mempunyai dampak 'signifikan negatif' meskipun efek lain bisa menghubungkan teman satu sama lain.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1906 seconds (0.1#10.140)