Yogyakarta Duduki Peringkat Ketiga Produk Pemasaran IT

Senin, 25 Agustus 2014 - 20:11 WIB
Yogyakarta Duduki Peringkat Ketiga Produk Pemasaran IT
Yogyakarta Duduki Peringkat Ketiga Produk Pemasaran IT
A A A
YOGYAKARTA - Yogyakarta masih menjadi pangsa pasar besar bagi produk teknologi informasi di Indonesia. Mantan Ketua Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) wilayah DIY, Hadi Santono mengungkapkan, Yogyakarta masih menduduki peringkat ketiga terbesar pemasaran produk IT di Indonesia dengan persentase 27%.

"Yogyakarta masih di bawah Jakarta dan Surabaya, meski begitu pemasaran IT di wilayah ini terus berkembang. Saya rasa satu tahun belakangan ini angkanya tidak berubah," terang Hadi, Senin (25/8/2014).

Meski mengalami perkembangan, Hadi mengungkapkan untuk produk IT tertentu seperti Personal Computer (PC) Desktop mengalami penurunan. Hal ini imbas dari semakin menjadi trennya perkembangan smartphone di masyarakat.

Penetrasi PC masih 7%, hanya saja selama tiga tahun belakangan ini tidak pernah naik bahkan cenderung menurun. Untuk peredaran komputer di Indonesia sendiri sebasar 26%.

Sementara itu, Ketua DPP Apkomindo, Agustinus Sutandar menjelaskan, berdasarkan data International Data Coporation (IDC) memprediksi belanja teknologi IT di Indonesia tahun lalu mencapai USD32,8 juta. Angka tersebut tumbuh 10,6% dari tahun sebelumnya. Pertumbuhan ekonomi yang membaik menjadi salah satu faktor pendorong tingginya belanja IT.

Selain itu, berdasarkan dara IDC menunjukkan adopsi PC desktop semakin menurun. Pasar PC desktop diprediksi akan mati dan terus menurun pada 2017. Hal tersebut terjadi akibat perubahan prilaku konsumen yang berlaih dari PC desktop dan laptop tradisional ke pasar tablet dan ultramobile.

"Pasar tablet mengalami peningkatan mencapai 197 juta unit pada tahun lalu," tambahnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4255 seconds (0.1#10.140)