Apple Kehilangan Pasar Mac di AS

Jum'at, 11 Juli 2014 - 15:23 WIB
Apple Kehilangan Pasar Mac di AS
Apple Kehilangan Pasar Mac di AS
A A A
CALIFORNIA - Raksasa Apple mengalami kehilangan pasar untuk komputer (PC) dan dibalap oleh para saingannya di pasar Amerika Serikat (AS). Angka-angka data baru dari IDC (International Data Corporation) menunjukkan, pangsa pasar Mac menyusut dari 10,9% tahun lalu menjadi 10% pada Q2 2014, dengan pertumbuhan per tahun turun sebesar 1,7%.

Dilansir dari Digitalspy, Jumat (11/7/2014), secara keseluruhan angka-angka tersebut membuat Apple berada pada posisi keempat di pasar PC, di belakang HP, Dell dan Lenovo.

Di sisi lain, produsen China Lenovo melaporkan, mengalami pertumbuhan mengesankan yakni sebesar 20,3% selama kuartal fiskal terakhir, dengan market share 11,5% di pasar AS.

Angka IDC juga menunjukkan bahwa pasar PC menunjukkan tanda-tanda perlambatan, dengan penurunan per tahun sebesar 1,7% dilaporkan sejak 2012.

Analis IDC Jay Chou mengatakan, hasil yang lebih baik dari perkiraan tampaknya muncul dari dua tempat. Salah satu faktor yang mendorong adalah asupan yang baik termasuk Chromebooks, yang tiba bertepatan dengan perlambatan pertumbuhan tablet.

"Selain itu, jumlah PC cukup besar yang masih menjalankan Windows XP dan dorongan untuk meng-upgrade, meningkatkan pengiriman pada Q2,” ucapnya.

Sementara itu, Analis Gartner baru-baru ini mengklaim, bahwa pasar tablet akan menyalip sektor PC pada tahun depan.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8465 seconds (0.1#10.140)