Tips Mudik Bersepeda Motor Aman

Sabtu, 05 Juli 2014 - 17:57 WIB
Tips Mudik Bersepeda Motor Aman
Tips Mudik Bersepeda Motor Aman
A A A
JAKARTA - Hari Raya Idul Fitri 1435 H tinggal didepan mata, mudik pun tidak lepas dari tradisi masyarakat Indonesia. Tahun 2013, ada 1,1 juta unit kendaraan yang bergerak saat libur lebaran. Dari jumlah tersebut lebih dari setengah populasi mengunakan sepeda motor.

Menurut data Road Safety Assotiation (RCA) setiap hari ada 50 orang tewas saat berkendara di jalan raya. Dari jumlah tersebut, sekitar 20 orang atau 43% pengendara tewas datang dari pengendara motor.

Edo Rusyanto, selaku ketua RCA mengatakan, manusia menjadi faktor penyebab utama kecelakaan. Tiga kesalahan utama dalam mengemudi yaitu ugal-ugalan, mengantuk dan keletihan saat berkendara.

"Meski rawan dan berbahaya, mudik dengan motor akan tetap ada selama pemudik belum mendapat alat trasportasi yang murah dan aman," papar Edo saat membuka presentasi buka puasa bersama Shell Indonesia di daerah Darmawangsa, Jakarta, Jumat (4/7/2014).

Dia pun menekankan pentingnya safety riding saat berkendara. Sebab, meski mudik dengan roda dua berbahaya, namun motor dijadikan pilihan selama pemerintah belum bisa menghadirkan transportasi yang aman dan murah bagi warganya.

Inilah tips mudik bersepeda motor yang aman menurut Edo.

1. Pengendara sehat dan tidak mengantuk.
2. Pastikan sepeda motor layak jalan.
3. Berdoa sebelum berkendara.
4. Kenali rute yang akan ditempuh.
5. Taati peraturan lalu-lintas yang ada.
6. Tidak lebih dari dua orang dalam satu sepeda motor.
7. Atur waktu maksimal dua jam sekali melakukan istirahat.
8. Tidak membawa barang berlebihan.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6695 seconds (0.1#10.140)