Berikut fakta raksasa internet Alibaba

Rabu, 07 Mei 2014 - 20:36 WIB
Berikut fakta raksasa internet Alibaba
Berikut fakta raksasa internet Alibaba
A A A
Sindonews.com - Raksasa Internet China, Alibaba yang memiliki volume peganggabungan eBay, Amazon dan PayPal, telah mengajukan dokumen listing saham di Amerika Serikat (AS). Hal ini diperkirakan akan menjadi salah satu yang terbesar dalam sejarah perusahaan internet.

Dilansir dari Global Post, Rabu (7/5/2014), berikut fakta tentang raksasa Internet Alibaba:

Pendiri:
Alibaba Group didirikan pada 1999 oleh 18 orang yang dipimpin pengusaha Jack Ma.

Mengapa nama Alibaba?
Ma memilih nama itu karena mudah diucapkan dalam hampir semua bahasa. Karena slogan "open sesame" di kisah "1.001 Malam" menandakan, bahwa platform perusahaan membuka pintu keberuntungan untuk usaha kecil.

Ukuran:
Sebanyak 20.000 orang dipekerjakan Alibaba, dengan kantor pusat di Hangzhou, kota tempat tinggal Ma di provinsi timur China, Zhejiang. Perusahaan ini memiliki 73 kantor di China daratan dan 16 di luar negeri.

Komponen:
Taobao.com, pasar konsumen online paling populer di China, dan TMall.com, website untuk transaksi business-to-consumer, di antara beberapa platform online yang beroperasi dalam struktur Alibaba. Mereka juga memiliki unit pembayaran, Alipay, yang tidak termasuk dalam kendaraan IPO.

Pelanggan:
Taobao memiliki lebih dari 800 juta daftar produk dan lebih dari 500 juta pengguna terdaftar. Hal ini diperkirakan memiliki lebih dari 90 persen pasar online konsumen-ke-konsumen di China .

Pasar:
Pembeli online di China menghabiskan hampir 1,26 triliun yuan (USD200 miliar) pada 2012, naik 66,5 persen dari tahun sebelumnya.

Potensi:
China memiliki populasi online terbesar di dunia. Penjualan online tahunan di sana diperkirakan akan mencapai USD420 miliar-USD650 miliar pada 2020. Pada saat itu akan menjadi pasar ritel online terbesar di dunia (proyeksi perusahaan konsultan McKinsey).
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7557 seconds (0.1#10.140)