Layanan taksi gratis ala Google

Selasa, 25 Februari 2014 - 17:33 WIB
Layanan taksi gratis ala Google
Layanan taksi gratis ala Google
A A A
Sindonews.com - Seperti apa pemanfaatan awal teknologi mobil automonomus (kendali otomatis) Google perlahan mulai terjawab. Google menginginkan mobil mereka untuk mengantar konsumen pergi dari mal ke mal, baik untuk belanja atau sekadar makan di restoran tertentu. Bagi konsumen layanan itu gratis. Tapi, tidak untuk vendor. Sebab, mereka harus terlebih dulu beriklan di layanan iklan online Google terlebih dulu.

Konsepnya kira-kira seperti ini: konsumen mengklik tombol “get me there” di sebuah iklan web. Tak lama kemudian iklan tersebut akan memicu taksi atau mobil tanpa awak untuk menjemput mereka, dan mengantar ke tujuan. Google menggunakan alogaritma tertentu supaya iklan tersebut muncul di konsumen yang tepat. Ini untuk menghindai konsumen yang ingin “numpang gratis” ke sebuah toko, tapi tidak benar-benar membeli.

Konsep ini masih dalam upaya mengejar hak paten. Tapi, memang para perusahaan ritel sedang berupaya mencari cara untuk menarik konsumen ke toko mereka. Tahun lalu, eBay merilis Shoppable Windows, di mana konsumen membeli produk dan langsung dapat dikirim ke rumah mereka dalam waktu satu jam.

Peritel lain menggunakan layanan pelacak lokasi dalam ruangan untuk bisa mempelajari karakter konsumen mereka. Ada juga yang memaksimalkan teknologi seperti Square agar pengguna bisa belanja dengan mudah lewat smartphone. Berkaca pada hal tersebut, rasanya ide ”taksi gratis” Google ini tidaklah mengada-ada.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9235 seconds (0.1#10.140)