Alat Pendeteksi Suhu Ini Diklaim Bekerja Lebih Aman untuk Semua

Senin, 23 Maret 2020 - 18:17 WIB
Alat Pendeteksi Suhu Ini Diklaim Bekerja Lebih Aman untuk Semua
Alat Pendeteksi Suhu Ini Diklaim Bekerja Lebih Aman untuk Semua
A A A
JAKARTA - WHO menyatakan virus Corona sebagai pandemik global. Artinya, virus Corona telah menyebar ke hampir seluruh dunia dan berpotensi menginfeksi banyak populasi.

Hampir semua fasilitas umum, seperti pusat perbelanjaan, rumah sakit, sekolah, perkantoran, bandara, pelabuhan, terminal dan lainnya menggunakan Thermo Gun untuk mengecek suhu pengunjung atau karyawannya. Pertanyaannya, apakah cara itu aman untuk semua orang?

Petugas keamanan tetap memiliki risiko tertular karena Thermo Gun yang digunakan dalam jarak dekat. Bagaimana dengan kesehatan pengunjung yang diperiksa menggunakan Thermo Gun? Alat itu bisa jadi juga beresiko menularkan virus dari satu pengunjung ke pengunjung lainnya.
Alat Pendeteksi Suhu Ini Diklaim Bekerja Lebih Aman untuk Semua

Menyikapi masalah tersebut, produsen Security & Surveillance asal China, Hikvision berinovasi memberikan solusi cerdas untuk mencegah penyebaran virus Corona. Menunjuk PT BIGI Multi Internasional (BIGI.ID) -di bawah manajemen PTI Group sebagai mitra penyedia solusi industri keamanan di Indonesia- Hikvision mengenalkan produk inovasi terbarunya.

Smart Solution yang ditawarkan Hikvision bernama Thermographic Handheld Camera, yakni kamera thermal genggam yang dirancang khusus untuk pengukuran suhu tubuh. Dilengkapi Detektor termal resolusi 160 × 120 piksel.

"Membantu mendeteksi demam dengan cepat. Fungsi Thermografi mendeteksi suhu realtime dengan tingkat akurasi kurang lebih 0,5 derajat Celcius dan menampilkannya di layar," kata Nicko Christian, Persident Director of BIGI di Jakarta, Senin (23/3/2020).

Nicko menjelaskan, Thermographic Handheld Camera ini bisa di letakkan dengan bantuan tripod atau penyangga. Sehingga tidak perlu membutuhkan bantuan orang untuk menggenggamnya dan dapat mendeteksi dengan jarak deteksi antara 0,8-1,5 m supaya meminimalisir risiko penularan terhadap petugas keamanan maupun pengunjung lainnya.

"Kami rekomendasikan untuk digunakan pada pintu masuk shopping mall, rumah sakit, sekolah, perkantoran, bandara, pelabuhan, terminal, stasiun, tempat ibadah, dan fasilitas umum lainnya," timpal Witanto, Technical Support Manager PTI.

Selain teknologi di atas, ujar dia, Thermographic Handheld Camera dilengkapi kartu memori untuk menyimpan foto yang direkam dan data penting yang dapat digunakan langsung tanpa perlu instalasi khusus.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6386 seconds (0.1#10.140)