Ini Hasil Bidikan Kamera Smartphone Flagship dengan Objek Bulan

Senin, 24 Februari 2020 - 05:01 WIB
Ini Hasil Bidikan Kamera Smartphone Flagship dengan Objek Bulan
Ini Hasil Bidikan Kamera Smartphone Flagship dengan Objek Bulan
A A A
JAKARTA - Smartphone telah beralih fungsi dari sekadar alat berkomunikasi menjadi perangkat pelengkap gaya hidup penggunanya. Handphone saat ini dilengkapi dengan sejumlah fitur mumpuni, misalnya kamera, yang bisa digunakan untuk menangkap setiap momen berharga dalam genggaman.

Tren kamera smartphone kini beragam. Mulai dari memberikan lebih dari dua kamera utama, resolusi piksel besar, derajat lensa lebar yang sangat lebar, hingga kemampuan zoom berkali-kali.

Untuk menyaksikan sebuah konser musik, dulu penonton diharuskan membawa kamera dengan lensa zoom kalau ingin mengambil gambar aksi panggung dengan jelas. Sekarang, hal itu tidak diperlukan lagi, karena cukup dengan smartphone dalam genggaman tanggan, kita dapat mengambil gambar foto konser dari jarak cukup jauh, sekalipun itu dari kelas festival.
Ini Hasil Bidikan Kamera Smartphone Flagship dengan Objek Bulan

Belum lama ini, pasar smartphone dunia, juga Indonesia, baru saja kedatangan produk flagship dari Samsung, yakni Galaxy S20 Ultra yang memiliki kamera super canggih. Dengan resolusi 108 MP dan teknologi AI, kamera tersebut mampu menangkap beragam momen, termasuk space zoom atau memfoto bulan dari jarak jauh.

Teknologi resolusi besar dan optikal zoom memang menjadi hal yang ditawarkan oleh sejumlah produsen smartphone saat ini. Samsung Galaxy S20 Ultra diketahui, untuk dapat memperbesar gambar hingga 100x, perangkat menggunakan mekanisme lensa periskop. Hal ini sebenarnya sudah diterapkan oleh Huawei P30 Pro yang diluncurkan tahun 2019 lalu.

Galaxy S20 Ultra memiliki empat lensa kamera belakang S20 Ultra terdiri dari lensa ultra wide 12MP dengan apertur 2.2 seluas 120 derajat, lensa wide angle 108 MP dengan stablisasi OIS dan autofocus PDAF, sekaligus cakup tangkapan seluas 79 derajat dengan apertur 1.8, lensa tele 48 MP PDAF dengan apertur F3.5. Plus fitur OIS dan DepthVision Camera.

Apakah masih ingat dengan kamera Huawei P30 Pro yang mampu melakukan Zoom hingga 50X? Teknologi yang digunakan sama pada Galaxy S20 Ultra. Bedanya, Huawei P30 Pro hanya menggunakan sensor 8 MP untuk kebutuhan telephoto, Samsung Galaxy S20 Pro menggunakan sensor yang jauh lebih besar yakni 48 MP untuk bisa melakukan zoom hingga 100x.

Merujuk laman Giz Guide, Samsung Galaxy S20 Ultra pun mencontohkan kemampuan telephoto-nya dengan memfoto bulan sama dengan Huawei P30 Pro yang dapat dilihat pada perbandingan berikut pada gambar.

Untuk mengambil gambar dengan tingkat zoom yang tinggi pada kamera, tentu itu menyulitkan pengguna mendapatkan posisi stabil. Samsung Galaxy S20 Ultra memiliki teknologi Super Steady dengan bantuan AI untuk menganalisa dan menangkap gambar yang lebih stabil.

Sementara Huawei P30 Pro memperkenalkan terlebih dahulu dengan Optical Image Stabilisation yang menggunakan teknologi AI Image Stabilisation (AIS).

Daru gambar yang tersedia, Anda dapat melihat seberapa besar perbedaan yang dimiliki sejumlah raksasa smartphone. Gambar menunjukkan perbandingan hasil foto yang dimiliki Oppo Reno 10x zoom dengan 60x digital zoom dan Huawei P30 Pro/Xiaomi Mi Note 10 dengan zoom digital hingga 50x.

Bagaimana menurut Anda?
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1592 seconds (0.1#10.140)