Johnny G Plate Ralat Program Rudiantara Soal Merdeka Sinyal, Kenapa?

Rabu, 05 Februari 2020 - 21:00 WIB
Johnny G Plate Ralat Program Rudiantara Soal Merdeka Sinyal, Kenapa?
Johnny G Plate Ralat Program Rudiantara Soal Merdeka Sinyal, Kenapa?
A A A
JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate meralat program Kementerian Kominfo sendiri, yakni Merdeka Sinyal 2020 dengan menghapus angka '2020'. Padahal program tersebut telah dicanangkan dan digemakan sejak era Menkominfo Rudiantara.

Johnny berdalih, penggunaan angka 2020 membatasi waktu sehingga perlu dihapus agar program tersebut relevan dengan semua usaha untuk memerdekakan sinyal yang tidak saja sampai di kabupaten. Namun juga di wilayah terdekat dengan masyarakat.

"Pemerintah, saya, tentu mengusulkan merdeka sinyal menjadi perjuangan kita bersama. Tahun 2020 yang membatasi satu kurun waktu, kami hapus," kata Johnny saat rapat kerja dengan Komisi I DPR di Komplek DPR, MPR, DPD di Jakarta, Rabu (5/2/2020).

"Sehingga itu (program merdeka sinyal) relevan dengan semua usaha kita yang tidak saja di kabupaten, tapi sampai di wilayah di mana masyarakat itu ada secara kontinyu dan terus-menerus," katanya menjelaskan.

Visi Merdeka Sinyal 2020 yang dicanangkan Kementerian Kominfo sebelumnya, kata Johnny, sebenarnya sudah dicapai melalui program pemerintah terdahulu dengan membangun infrastruktur di 57 kabupaten atau di wilayah 3T. Tetapi tugas pemerintah soal merdeka sinyal tak berhenti sampai di situ.

"Misalnya nanti ada tambahan pembangunan BTS yang kami rencanakan sampai 2024. Setelah 2024 ada pembangunan satelit, demikian juga operator seluler untuk meningkatkan kualitas misalnya dari 3G ke 4G, ini kan terus dilakukan pembangunan dalam memerdekakan sinyal," tuturnya.

"Jadi tidak terbatas, tidak hanya sampai tahun 2024, karena program menyediakan fasilitas telekomunikasi terus berlanjut," pungkasnya.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0224 seconds (0.1#10.140)