Windows 10X Belum Siap, Intel Tunda Peluncuran Laptop Lipat

Sabtu, 28 Desember 2019 - 09:46 WIB
Windows 10X Belum Siap, Intel Tunda Peluncuran Laptop Lipat
Windows 10X Belum Siap, Intel Tunda Peluncuran Laptop Lipat
A A A
REDMOND - Intel memutuskan menunda peluncuran foldable laptop-nya (laptop lipat) karena Windows 10X. Menurut pabrikan, pengembangan OS baru Microsoft tidak begitu canggih sehingga mencegahnya bekerja secara efektif pada proyek laptop lipat mereka. Intel pun harus menunda penyajian purwarupa sampai pertengahan 2020.

Intel berencana untuk bekerja keras di CES 2020 di Las Vegas. Pabrikan itu akan mengungkap prototipe laptop lipat 17 inci pertamanya. Sayangnya, ini tidak akan terjadi. Perusahaan baru saja mengumumkan bahwa mereka harus menunda presentasi resmi perangkat ini, karena "ketidakdewasaan OS" dan stok bahan yang tidak mencukupi untuk desain layar yang dapat dilipat.

Intel pun merujuk ke Windows 10X, OS baru Microsoft untuk objek yang terhubung dan laptop serta tablet yang dapat dilipat. Intel sendiri disebutkan bertaruh besar pada pengembangan teknologi ini.

Pabrikan ingin menawarkannya kepada OEM lain untuk menghidupkan kembali pasar laptop. Tetapi karena keterlambatan ini, Intel harus merevisi kalendernya dan presentasi resmi pertama tidak akan berlangsung hingga pertengahan 2020.

Pada Januari 2019, Intel sudah menunjukkan minatnya pada teknologi ini dengan mengajukan paten untuk smartphone hybrid yang dapat dilipat, yang mampu berubah menjadi tablet portabel/mini-PC. Perusahaan tidak menentukan masalah apa yang dihadapi dengan OS Microsoft. Pengembangan Windows 10X mungkin tidak pada tahap pengembangan yang memadai untuk memungkinkan Intel mengembangkan lebih lanjut laptop lipatnya.

Sebagai pengingat, Windows 10X adalah OS baru dari perusahaan Redmond untuk objek yang terhubung dan perangkat yang dapat dilipat. Berbagi banyak poin dengan Windows 10, sistem operasi tetap menawarkan ergonomi. Bersamaan dengan antarmuka dan fungsi disesuaikan dengan format khusus ini.

Misalnya, sebut Giz China, menu Start telah dirombak total. Dan ubin dinamis tidak ada lagi yang mendukung ikon klasik. Beberapa produsen telah menyatakan minatnya pada Windows 10X seperti Intel, Dell, Lenovo, HP atau ASUS. Smartphone layar ganda Surface Duo akan menjadi salah satu perangkat pertama yang dijalankan pada OS ini.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3361 seconds (0.1#10.140)