Instagram Pakai Teknologi AI untuk Cegah Perundungan

Rabu, 18 Desember 2019 - 10:03 WIB
Instagram Pakai Teknologi AI untuk Cegah Perundungan
Instagram Pakai Teknologi AI untuk Cegah Perundungan
A A A
MENLO PARK - Sebagai upaya melawan segala jenis perundungan yang kerap timbul di platform, Instagram meluncurkan fitur terbaru yang membuat pengguna tidak bisa sembarangan dalam membuat caption yang bersifat ofensif dan memuat ujaran yang tidak pantas.

Fitur teranyar aplikasi milik Facebook ini, menyematkan teknologi artificial intelligence (AI) untuk mendeteksi potensi perundungan dalam bentuk kalimat.

Tenang saja, pihak Instagram tidak semena-mena menghapus permanen posting-an yang terdeteksi itu, tetapi memberikan opsi untuk menghentikan sementara dan mempertimbangkan kembali kiriman tersebut sebelum dibagikan ke publik.

“Dalam upaya berkelanjutan dalam memerangi penindasan online, kami meluncurkan fitur baru yang meminta pengguna untuk berpikir ulang ketika posting ujaran yang mengandung bullying,” kata ujur bicara Instagram, dikutip dari CNet, Selasa (17/12/2019).

Jadi, saat ini, ketika pengguna menulis caption untuk dikirimkan di Instagram, AI akan lebih dulu memeriksanya. Jika terdeteksi ofensif, pengguna diberikan kesempatan untuk mengubah caption tersebut.

Selain mencegah perundungan, fitur ini juga digadang dapat mendidik penggunanya mengenai hal-hal yang diperbolehkan dan tidak di Instagram. Fitur ini sudah ada di beberapa negara. Tetapi baru akan diluncurkan secara global dalam beberapa bulan mendatang.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0490 seconds (0.1#10.140)