Perkembangan Teknologi Mudahkan untuk Melakukan Apapun

Minggu, 27 Oktober 2019 - 11:13 WIB
Perkembangan Teknologi...
Perkembangan Teknologi Mudahkan untuk Melakukan Apapun
A A A
JAKARTA - Dunia mengalami perubahan dengan sangat cepat. Termasuk sistem jual beli juga ikut berubah saat ini. Evolusi yang terjadi didasari oleh perkembangan teknologi yang tidak bisa dibendung.

Oleh karena itu, semakin banyak toko online bermunculan, menggantikan toko-toko lama bergaya tradisional. Hal ini terjadi tidak lain karena masyarakat zaman sekarang lebih memilih online shopping, berbelanja secara online semakin diminati, daripada datang langsung ke toko untuk membeli barang.

Salah satu toko online yang sekaligus merupakan retailer paling terpercaya di Indonesia yaitu Blibli. Blibli merupakan toko online yang bergerak dalam bidang retail. Toko online ini menyediakan beragam produk apa saja, mulai dari makanan, minuman, obat-obatan, kebutuhan rumah tangga, hingga kendaraan dan alat-alat berat juga tersedia.

Bisa berbelanja di sini dari mana saja dan kapan saja. Sekarang, sudah bukan zamannya jauh-jauh pergi mengunjungi toko, pasar atau mall untuk belanja. Sebab, kemudahan teknologi sangat memudahkan Anda untuk melakukan online shopping yang sangat praktis.

Selain itu, bisa menikmati banyak sekali penawaran menarik. Penawaran tersebut biasanya berupa promo launching produk baru seperti smartphone dan laptop hingga koleksi fashion, promosi diskon bulanan dari brand tertentu untuk item kebutuhan sehari-hari mulai dari sampo hingga sabun cuci piring, promo barang-barang pre order dan masih banyak lagi.

Ada banyak alasan mengapa orang-orang kini lebih memilih berbelanja secara online, daripada membeli langsung ke toko. Seperti menghemat waktu Belanja yang sangat singkat untuk melakukannya karena katalog semua barang yang dicari ada dalam satu-dua scroll saja.

Sedangkan cara konvensional dibutuhkan upaya dan waktu yang lebih lama untuk pergi ke toko dan menemukan produk yang ingin dibeli di rak-rak supermarket, terkadang malah semakin membingungkan kalau tokonya tidak menata barang jualannya dengan baik dan rapi.

Namun, ini memang bisa terjadi. Sementara, jika Anda berbelanja online, dengan bantuan ikon atau kolom pencarian, sangat mudah bagi Anda untuk menemukan alurnya hingga mendapatkan barang yang dinginkan dalam waktu yang amat sangat singkat.

Selain itu tidak membuat stres. Ketika berbelanja secara online, tidak perlu merasa was-was akan kerumunan orang yang berdesakan untuk mendapatkan barang diskon, atau mengantre panjang di kasir ketika akan membayar.

Ini tentu saja sangat berbeda dengan aktivitas belanja yang dilakukan secara langsung di supermarket. Seringkali, harus mengantre dahulu untuk membayar barang belanjaan di kasir. Ini bisa membuat stres, terutama kalau antreannya panjang dan sedang diburu waktu.

Selain itu, lokasi dari sejumlah supermarket berada di pusat kota, di mana ada banyak orang di sana, dan setiap kali ada yang keluar dari rumah untuk membeli sesuatu di supermarket, jalanan bisa jadi sangat ramai, bahkan terkadang ini menimbulkan resiko copet jika tidak benar-benar berhati-hati ketika berada di jalan.

Kemudian banyak varian yang bisa dipilih jika dibandingkan dengan toko fisik. Di toko online , sekilas saja sudah bisa melihat para pemilik lapak memajang barang jualan mereka, di mana semuanya memiliki spesifikasi yang berbeda. Jadi, apapun itu barang yang dicari, bahkan yang spesifik sekalipun, bisa menemukannya.

Selain itu lebih banyak bonus dan diskon. Sebenarnya, ini memang sangat masuk akal, karena ada lebih banyak produk yang sama jenisnya di toko online dibandingkan offline. Jadi, jika penjual ingin berhasil menjual lebih banyak, mereka harus memberikan penawaran diskon dan bonus kepada para pembeli.

Biasanya tidak akan bisa mendapatkan keuntungan sebanyak ini kalau berbelanja secara offline. Sebab, seringkali harga produknya sudah pasti dan terkadang tergolong barang yang harganya mahal.

Di sisi lain lebih mudah mengembalikan barang dan membatalkan pesanan. Contohnya, saat ingin membeli printer. Bisa browsing untuk mencari produk-produknya, kemudian membaca ulasan selengkapnya dan boleh mengunjungi website ulasan lainnya selain toko online tempat belanja, untuk menambah referensi.

Kemudian tidak ada yang tahu barang yang dibeli, online shopping bisa terasa sangat personal, dan tidak ada orang yang perlu tahu tentang barang yang dibeli. Bisa melakukan pemesanan dan mendapatkan barang yang diinginkan, hanya dari kamar tanpa harus ada orang lain yang tahu.

Selanjutnya, lebih mudah mengirimkan barang ke lokasi yang jauh. Ini merupakan salah satu alasan pentingnya memilih belanja online kapan pun perlu membeli suatu barang. Lebih mudah untuk memesan barang dan mengatur pengirimannya ke lokasi tertentu di mana saja di seluruh dunia.

Ini sangat berbeda dengan pergi ke supermarket untuk membeli barang yang diingin kirimkan ke lokasi berbeda, yang mana pasti membutuhkan lebih banyak waktu dan biaya, serta barangnya juga lebih beresiko hilang saat transit.

Kesimpulannya, online shopping itu luas jangkauannya, dan prosesnya juga lebih mudah karena bisa menikmati berbagai keuntungan dari layanannya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0903 seconds (0.1#10.140)