Cara Kerja Fitur Cegah Bully di Instagram

Jum'at, 04 Oktober 2019 - 11:01 WIB
Cara Kerja Fitur Cegah Bully di Instagram
Cara Kerja Fitur Cegah Bully di Instagram
A A A
JAKARTA - Instagram meluncurkan mode baru dengan nama "restrict" atau "batasi" yang memungkinkan pemilik akun secara efektif menyembunyikan komentar buruk atau kasar dari akun lain, pada foto yang dibagikannya.

Mode ini dapat digunakan hanya dengan menggeser ke kiri pada komentar yang dituju, atau bisa juga dilakukan dengan membuka akun orang tersebut lalu pilih fitur di pojok kanan atas, dan memilih mode restrict. "Komentar pada postingan Anda dari orang yang telah dibatasi, hanya akan terlihat oleh orang itu saja," tulis Instagram dalam blognya, mengutip dari The Verge, Kamis (3/10/2019).

Meski telah dibatasi, karena orang tersebut tidak diblokir, maka orang lain masih bisa melakukan permintaan melihat komentar tersebut dengan mengetuk pesan yang muncul. Sama seperti membisukan balasan pada tampilan Twitter.
Kemudian pemilik akun dapat menyetujui permintaan itu untuk dilihat oleh orang lain, menghapusnya, atau mengabaikannya saja.

Selain itu, Instagram juga menghapus pemberitahuan pada komentar yang berasal dari orang yang telah dibatasi. Masih sama dengan mode bisu pada Twitter.

Mode ini juga memengaruhi direct messages atau pesan langsung. Setiap orang yang dibatasi mengirimkan pesan langsung, maka akan diminta persetujuan terlebih dahulu.

Pesan tersebut masih bisa dibaca oleh pemilik akun, tanpa diketahui oleh orang yang dibatasi kapan pesan itu dibaca atau kapan pemilik akun aktif di Instagram.

Instagram menghadirkan mode ini sebagai tindak pencegahan tambahan untuk melindungi penggunanya dari pelecehan, perundungan, atau intimidasi di Instagram.

Instagram memang telah memiliki mode untuk membekukan akun dan mengontrol komentar. Tapi tetap saja, perundungan adalah masalah yang sering dijumpai di Instagram, dan menjadi perhatian serius perusahaan selama beberapa tahun terakhir.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7153 seconds (0.1#10.140)