Instagram Hadirkan 2 Fitur Lawan Bullying

Rabu, 10 Juli 2019 - 09:02 WIB
Instagram Hadirkan 2 Fitur Lawan Bullying
Instagram Hadirkan 2 Fitur Lawan Bullying
A A A
JAKARTA - Cyber bullying memang menjadi pekerjaan rumah para penyedia media sosial, khususnya Instagram. Demi memberantas bullying di platformnya Instagram mengumumkan dua tools baru.

Media sosial yang ada di bawah payung Facebook itu mengerahkan kecerdasan buatan atau AI untuk memperingatan pengguna bila komentar yang akan mereka posting dianggap menghina.

Misalnya, saat pengguna akan memosting komentar yang berbau bully seperti 'kamu jelek dan bodoh' Instagram akan bisa mendeteksi dan akan muncul kolom dialog berisi peringatan: 'Apakah kamu yakin akan memosting ini?'

Secara teori, cara ini akan memberi pengguna kesempatan untuk memikirkan kembali komentar yang akan mereka kirim diunggahan orang lain.

Selain cara tersebut, Instagram juga menghadirkan Restrict. Ini memungkinkan pengguna untuk membatasi pengikut yang bermasalah dan dapat dilakukan tanpa perlu memblokir secara langsung.

Fitur Restrict masih diujicoba di sejumlah negara. Instagram baru akan menyediakan secara luas akhir tahun annti.

Dua cara ini menjadi bagian dari upaya Instagram yang sedang berlangsung untuk memerangi bullying. Bulyying sendiri jadi satu masalah yang diperhatikan sejak Adam Mosseri mengambil alih sebagai Kepala Instagram akhir tahun lalu.

"Kami berkomitmen untuk memimpin industri dalam memerangi penindasan online, dan kami memikirkan kembali seluruh pengalaman Instagram untuk memenuhi komitmen itu," tulis Mosseri dalam postingan blog resmi Instagram, Selasa (9/7/2019)
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1995 seconds (0.1#10.140)