Cara Cek Nomor IMEI Ponsel

Selasa, 09 Juli 2019 - 09:51 WIB
Cara Cek Nomor IMEI Ponsel
Cara Cek Nomor IMEI Ponsel
A A A
JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Perdagangan sedang menyiapkan aturan untuk ponsel ilegal lewat validasi International Mobile Equipment Identity (IMEI).

IMEI sendiri merupakan nomor identitas unik yang diterbitkan oleh GSM Association untuk setiap slot kartu yang dikeluarkan produsen ponsel. Artinya jika ponsel Anda memiliki dua slot kartu akan terdapat dua nomor IMEI. Semua nomor IMEI akan didaftarkan ke Kementerian Perindustrian saat ponsel akan dijual di Indonesia.

Nantinya IMEI akan dicocokan dengan Mobile Subscriber Integrated Services Digital Network Numbe (MSISDN) yang menjadi nomor identitas kartu SIM.

Saat ini pemerintah tinggal menunggu data data MSISDN dari operator telekomunikasi untuk nantinya mengidentifikasi ponsel ilegal saat konsumen mengaktivasi nomor kartu SIM.

Kemenperin juga tengah mengembangkan sistem Device Identification, Registration, and Blocking System (DIRBS), yang merupakan hasil kerjasama dengan Qualcomm sejak 2017 lalu.

Lalu bagaimana cara untuk melakukan pengecekan nomor IMEI?

Pengguna bisa menekan *#06# di ponsel. Seketika nomor IMEI akan muncul.

Bila tidak, pengguna bisa melakukan pengecekan di bagian pengaturan ponsel, biasanya nomor IMEI tertera di bagian About Phone atau bisa juga melihat kode IMEI pada kotak kemasan ponsel.

Tapi sayangnya, untuk saat ini jika Anda ingin melakukan pengecekan IMEI sudah terdaftar atau belum, pada situs Kemenperin https://kemenperin.go.id/imei/ masih belum bisa dilakukan.

Pasalnya Kemenperin sedang menyiapkan laman khusus untuk keperluan pengecekan status IMEI.

"Agar kami dapat memberi pelayanan yang terbaik untuk anda, saat ini kami sedang menyiapkan laman khusus untuk keperluan pengecekan status IMEI. Informasi selengkapnya mengenai hal tersebut akan kami sampaikan kemudian," tulis Kemenperin pada situs resminya, Senin (8/7/2019).
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8690 seconds (0.1#10.140)