Kominfo Gandeng Shopee, Hadirkan Aplikasi UMKM Go Online

Senin, 01 Juli 2019 - 16:08 WIB
Kominfo Gandeng Shopee, Hadirkan Aplikasi UMKM Go Online
Kominfo Gandeng Shopee, Hadirkan Aplikasi UMKM Go Online
A A A
JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan marketplace Shopee dalam rangka mendorong Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) memperluas akses pasar melalui toko digital.

Langkah tersebut merupakan bagian dari program pemerintah dalam menggerakan perekonomian digital. UMKM Go Online menjadi salah satu program Kominfo dalam memfasilitasi para pelaku usaha untuk melakukan memasarkan produknya secara online sejak 2018 lalu.

Menurut Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, Shopee dapat memberikan sosialisasi serta pendampingan kepada para UMKM.

Selain itu, Shopee juga dapat memberikan data soal tren penjualan untuk membantu para UMKM. Serta juga meningkatkan kesadaran untuk mendaftarkan produk karyanya sendiri pada Hak Kekayaan Intelektrual.

"Kerjasama ini mempercepat program UMKM Go online yang dicanangkan pemerintah. Saya harap dari Shopee bisa membantu UMKM untuk berkembang," ujarnya dalam acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kominfo dengan Shopee dalam Memfasilitasi UMKM Go Online di Jakarta, Senin (1/7/2019).

Dalam kesempatan yang sama Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja, menambahkan dengan terjalinnya kerja sama antara Kominfo dan marketplace, dirinya optimistis akan terjadi pertumbuhan ekonomi digital yang cukup pesat dalam beberapa waktu ke depan.

Selain itu, dilaksanakannya program tersebut tidak terlepas dari besarnya potensi Indonesia untuk menjadi salah satu ekonomi terbesar dunia mengingat pertumbuhan pengguna internet dan pengguna ponsel pintar yang sangat tinggi.

"Dengan kata lain, masyarakat Indonesia senang mengakses internet menggunakan ponsel. Hal ini terbukti dari adanya pergeseran tren belanja online, di mana sekitar 95% pemesanan di platform Shopee dilakukan melalui aplikasi ponsel," ungkapnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8057 seconds (0.1#10.140)