Apa yang Bikin Bebek Retro Mahal?

Sabtu, 22 Juni 2019 - 10:22 WIB
Apa yang Bikin Bebek Retro Mahal?
Apa yang Bikin Bebek Retro Mahal?
A A A
MEMILIKI bebek retro bukan perkara mudah karena kalau mau membelinya, harus mengeluarkan biaya perawatan dan biaya modifikasi yang mahal. Motor retro pun terkenal sebagai motor yang harga jualnya tidak murah.

Sebuah motor retro harganya berkisar Rp30 juta hingga Rp100 juta. Bahkan banyak yang harganya di atas Rp100 juta. Menurut kolektor motor retro Byon Aryawan, motor retro bisa mahal karena nilai kenangannya yang tinggi.

"Saya pernah berkenalan dengan calon pembeli yang pengen beli motor jenis tertentu karena dia dulu punya motor itu dari zaman papanya merintis usaha. Jadi, nilai kenangannya luar biasa, dan dia rela keluar uang banyak demi itu," katanya.

Selain nilai kenangan, suku cadang bebek retro juga sulit didapat. "Info spare part biasanya kami dapat dari mulut ke mulut sesama pehobi. Ada beberapa yang impor, tapi enggak banyak jenisnya, masih lebih banyak di Indonesia," kata Byon.

"Intinya, harganya relatif karena kami pehobi barang ‘gaib’ enggak ada pasaran harganya. Tergantung ngelobi penjualnya aja . Apalagi, kalau motornya sudah direstorasi, part-nya sudah diganti dengan yang orisinal. Itu hak penjualnya untuk pasang harga tinggi," imbuhnya.

Untuk biaya perawatan, Byon menyebut sama saja dengan motor lainnya, yaitu kisaran ratusan hingga jutaan rupiah. Namun, untuk harga onderdil sedikit lebih mahal dibandingkan dengan motor pada umumnya.

Byon menyarankan untuk yang tertarik membeli bebek retro sebaiknya disesuaikan dengan kantong pribadi. "Tapi, kadang namanya hobi, suka enggak dihitung. Seberapa banyak biayanya, gas terus, yang penting hobi jalan terus," ujarnya tertawa.

NADYA ZAHIRA GEN SINDO
IISIP Jakarta
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8511 seconds (0.1#10.140)