Kabel Bawah Laut Google Beroperasi, Internet Makin Kencang

Sabtu, 01 Juni 2019 - 19:13 WIB
Kabel Bawah Laut Google Beroperasi, Internet Makin Kencang
Kabel Bawah Laut Google Beroperasi, Internet Makin Kencang
A A A
MOUNTAIN VIEW - Google dan mitranya mengumumkan bahwa kabel bawah laut Indigo sepanjang 5.600 mil, yang menghubungkan Sydney dan Perth dengan Jakarta dan Singapura, sudah siap beroperasi.

Google mengungkapkan, pembangunan jaringan ini secara signifikan akan memperkuat konektivitas antara Australia dan Asia Tenggara, Google bermitra dengan AARnet, Indosat, Singtel, SubPartners dan Telstra, sebagaimana dilansir dari TechCrunch, Sabtu (1/6/2019).

Kabel yang menampilkan sekitar 110 repeater, akan memiliki kapasitas desain total 36 terabit per detik, yang ke depannya akan diperluas lagi.

Menurut Google, jaringan itu lebih dari cukup untuk menangani beberapa juta obrolan video hangout antara Singapura dan Sydney.

Kabel bawah laut ini pertama kali diumumkan pada 2016, ketika masih disebut APX-Barat dan tidak termasuk ekstensi ke Sydney, yang sekarang disebut Indigo Central. Google bergabung pada awal 2017 dan konstruksi dibangun mulai 2018.

Indigo menjadi contoh yang baik dari jaringan kabel bawah laut Google yang berkembang. Biasanya, perusahaan membangun jaringan tersebut dengan mitra.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9998 seconds (0.1#10.140)