Tiga Akibat Penggunaan VPN Abal-abal Bagi Smartphone

Jum'at, 24 Mei 2019 - 20:01 WIB
Tiga Akibat Penggunaan VPN Abal-abal Bagi Smartphone
Tiga Akibat Penggunaan VPN Abal-abal Bagi Smartphone
A A A
JAKARTA - Virtual Private Network (VPN) sedang banyak digunakan oleh warganet pasca pembatasan fitur media sosial oleh pemerintah sebagai buntut dari gerakan 'People Power'.

Namun perlu diingat penggunaan VPN tak selamanya aman bagi smartphone, apalagi VPN yang tak jelas siapa pembuatnya alias abal-abal.

Berikut adalah tiga bahaya bagi smartphone yang memasang VPN abal-abal menurut pengamat keamanan siber Alfons Tanujaya saat dihubungi SINDOnews melalui pesan singkat, Jumat (24/5/2019):

1. Traffic data pengguna dapat di pantau dan resiko data penting bisa dicuri dalam jumlah yang besar.

2. Profil browsing pengguna VPN dijadikan sebagai target iklan. Terkadang iklan yg melanggar susila atau hukum seperti pornografi, ujaran kebenaran, obat terlarang.

3. Trafik VPN dengan mudah di susupi Malware.

Selain itu, kata Alfons, saat aplikasi VPN sudah di-uninstall pada smartphone secara koneksi sudah tidak berpengaruh lagi. Tapi perlu dicatat jika selama penggunaan VPN smartphone berhasil disusupi malware atau spyware, maka keduanya akan tetap hidup dan bisa menjalankan aksinya.

"Koneksi sudah tidak ada pengaruh ke ponsel. Tetapi kalau ponsel sudah berhasil disusupi malware atau spyware ketika konek VPN maka malware tersebut akan tetap ada dan menjalankan aksinya," tandasnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2344 seconds (0.1#10.140)