Apple Siapkan Antena Baru untuk Dongkrak Navigasi iPhone 2019

Selasa, 07 Mei 2019 - 13:00 WIB
Apple Siapkan Antena Baru untuk Dongkrak Navigasi iPhone 2019
Apple Siapkan Antena Baru untuk Dongkrak Navigasi iPhone 2019
A A A
CUPERTINO - Dengan sisa waktu empat bulan hingga iPhone generasi berikutnya dirilis, analis pakarnya Apple, Ming-Chi Kuo kembali mengungkap bocoran baru terkait perangkat baru Cupertino.

Dia menegaskan, kini Apple tengah fokus pada pada teknologi antena yang akan digunakan pada iPhone 2019. Dengan antena itu, maka navigasi dalam ruangan menjadi yang lebih baik.

Di dalam iPhone XS, XS Max, dan XR, saat ini ada dua antena atas dan dua lainnya di posisi lebih rendah. Semua antena ini terbuat dari bahan Liquid Crystal Polymer (LCP).

Disitat dari laman Giz China, Kuo mengatakan, seri iPhone 2019 memperkenalkan beberapa perubahan besar pada struktur ini. Secara khusus, Apple diprediksi menggunakan satu unit LCP dan modifikasi poliamida (MPI) untuk antena atas dan tiga unit MPI bagi antena yang lebih rendah.

Alasan perpindahan mendadak ke teknologi MPI dilaporkan ada hubungannya dengan produksi. Dalam catatan penelitiannya, Kuo menjelaskan, iPhone generasi sekarang tertahan oleh masalah produksi LCP yang menyebabkan masalah untuk transmisi seluler frekuensi tinggi dan akhirnya memengaruhi hasil.

Fokus pada struktur PI yang dimodifikasi tahun ini diharapkan menghasilkan kinerja 4G LTE yang sama dan lebih sedikit masalah produksi. Secara teoritis, teknologi ini juga lebih murah untuk diproduksi, meskipun Kuo percaya biaya produksi antena keseluruhan akan naik 1-20% karena peningkatan ultra-wideband baru. Hal ini bisa meningkatkan kinerja navigasi dalam ruangan.

Paten Apple baru-baru ini merekomendasikan perusahaan sedang mengerjakan fitur yang memungkinkan aplikasi toko dan mal terpisah untuk mengintegrasikan pemetaan dalam ruangan dan pelacakan lokasi. Manfaat lain yang akan datang dari antena ini ialah pemasok yang lebih beragam.

Apple tampaknya akan beralih dari hanya memiliki dua pemasok menjadi total lima. Murata, yang telah menjadi salah satu pemasok Apple, akan terus memasok LCP untuk antena atas. sedangkan Flexium, Avary, dan ZDT membagi pesanan Apple untuk bagian MPI.

Fokus pada MPI tahun ini adalah langkah yang cukup besar untuk Apple. Menurut Ming-Chi Kuo, itu hanya sementara. Bahkan, tahun depan raksasa Cupertino dilaporkan akan beralih kembali ke LCP setelah bahan telah diperbaiki dan masalah produksi terselesaikan.

Teknologi ini kemudian akan digunakan di dalam model iPad Pro generasi berikutnya yang akan tiba di Q1 2020. Antena yang sama ikut dibenamkan ke iPhone 5G pertama Apple di tahun yang sama. (Nabil Alfaruq)
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0219 seconds (0.1#10.140)