Jelang Pencoblosan, Facebook Luncurkan Fitur Info Kandidat Pemilu

Rabu, 03 April 2019 - 04:00 WIB
Jelang Pencoblosan, Facebook Luncurkan Fitur Info Kandidat Pemilu
Jelang Pencoblosan, Facebook Luncurkan Fitur Info Kandidat Pemilu
A A A
JAKARTA - Pekan ini, Facebook meluncurkan fitur yang berkaitan soal Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Fitur Info Kandidat dihadirkan untuk membantu masyarakat Indonesia mengenal lebih jauh para kandidat Pemilu dan program-program mereka jelang hari pencoblosan pada 17 April mendatang.

Fitur baru ini memudahkan masyarakat untuk membandingkan para kandidat, sehingga mereka dapat membuat keputusan siapa yang akan dipilih. Fitur akan muncul pada Kabar Beranda untuk semua masyarakat Indonesia pada 2 April.

"Setiap harinya kami melihat orang menggunakan Facebook untuk berdiskusi tentang percakapan politis. Kami bekerja keras untuk membuat orang lebih mudah mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dalam membuat keputusan menjelang pemilihan umum," ungkap Facebook Indonesia dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa (2/4/2019).

Dalam sebuah video pendek, para kandidat akan menyampaikan program dengan kata-katanya sendiri agar masyarkat bisa lebih memahami visi misi mereka. Pengguna dapat menemukan posisi para kandidat, mengunjungi Halaman Facebook-nya, dan menonton video para kandidat yang sedang memberikan pemaparan tentang topik tertentu.

Bagi para kandidat dapat membuat empat video berdurasi 20 detik untuk memperkenalkan diri mereka dan menjawab beberapa pertanyaan inti:
• Perkenalkan diri Anda kepada calon pemilih
• Apa yang akan Anda lakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia?
• Apa hal yang ingin Anda capai jika terpilih dan apa rencana untuk merealisasikannya?
• Apa yang akan Anda lakukan untuk memberantas korupsi?

Video yang dibuat murni akan diproduksi oleh para tim dan kandidat sendiri, tanpa ada keterlibatan Facebook dalam pembuatan konten tersebut. "Ini merupakan upaya kami untuk membangun komunitas yang lebih bermasyarakat dan teredukasi dengan informasi yang tepat. Kami yakin bahwa dengan membantu orang memahami profil para kandidat, kami dapat membantu menciptakan komunitas yang lebih baik," kata Facebook.

Facebook juga akan memungkinkan pengguna untuk lebih mudah berbagi update bahwa mereka telah memilih. Foto dan video yang menampilkan kerabat atau keluarga yang telah melakukan pemungutan suara akan ditampilkan di Kabar Beranda, sehingga orang dapat turut merayakan dan ambil bagian dalam pesta demokrasi ini.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7466 seconds (0.1#10.140)