Pembangunan Palapa Ring Timur Lama Sebab Faktor Geografis

Jum'at, 28 Desember 2018 - 21:04 WIB
Pembangunan Palapa Ring Timur Lama Sebab Faktor Geografis
Pembangunan Palapa Ring Timur Lama Sebab Faktor Geografis
A A A
JAKARTA - Rupanya butuh perjuangan untuk membangun Palapa Ring Paket Timur. Pembangunan tersebut mengalami beberapa kendala.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Anang Latif, bahwa pengerjaan Paket Timur belum rampung lantaran beberapa faktor seperti geografis

"Papua misalnya itu karena ada beberapa nembus gunung ya. Mereka harus akuisisi lahan, pakai helikopter untuk menembus lokasi, kita mengarahkan 4-6 helikopter lah untuk bisa sampai sana," jelasnya di Jakarta, Kamis (27/12/2018).

Selain itu masalah kemanan di bagian timur Indonesia juga menjadi salah satu kendala yang harus dihadapi selama pembangunan. "Kemanan juga kemarin sempet beberapa terhenti tapi yang lain tetep jalan," tambahnya.

Lebih lanjut, Anang mengatakan bahwa Palapa RIng Timur ditargetkan rampung akhir kuartal satu tahun depan. "Kita targetkan di akhir kuartal satu lah awal kuartal dua lah di bulan maret april," ujar Anang.

Palapa Ring merupakan bangunan tol informasi dalam bentuk serat optik yang menghubungkan seluruh wilayah Indonesia. Sebagai infrastruktur tulang punggung jaringan telekomunikasi broadband (pita lebar), Palapa Ring terdiri dari tiga paket, yaitu Palapa Ring Paket Barat, Palapa Ring Paket Tengah, dan Palapa Ring Paket Timur.

Sebelumnya, Palapa Ring Paket Barat dan Tengah sudah rampung 100%. Untuk Palapa Ring Paket Timur sendiri, hingga bulan ini telah selesai 88,14%.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6573 seconds (0.1#10.140)