Jelang Harbolnas, Pembeli Diingatkan Jangan Impulsif

Selasa, 04 Desember 2018 - 23:01 WIB
Jelang Harbolnas, Pembeli Diingatkan Jangan Impulsif
Jelang Harbolnas, Pembeli Diingatkan Jangan Impulsif
A A A
JAKARTA - Dalam setahun, ada beberapa tanggal yang ditetapkan para pelaku e-commerce menjadi festival belanja online, seperti 11.11 dan Harbolnas 12.12 yang akan terselenggara sebentar lagi. Tak sedikit dari masyarakat yang memanfaatkan momen itu untuk berburu barang diskon.

Tapi banyak juga yang membeli barang tersebut hanya karena lapar mata. Head of Corp Communication & Public Affairs JD.ID, Teddy Arifianto, menyarankan untuk merencanakan apa yang akan dibeli saat momen pesta diskon tersebut.

"Menentukan barang yang akan dibeli menjauhkan dari sifat impulsif. Karena banyak konsumen itu yang impulsif. Begitu ngeliat diskon baru 'oh ya jadi pengen'," katanya di Jakarta, Senin (3/12/2018).

Menurutnya, sejumlah eCommerce saat ini sudah mulai gembar-gembor mengenai Harbolnas 12.12. Calon pembeli pun disarankan sudah bisa menentukan baranga pa yang akan dibeli nantinya.

Tak hanya itu, Teddy juga menyarankan pembeli untuk tidak hanya melihat dari angka diskon yang ditawarkan.

"Jadilah konsumen yang bijak juga. Lihat angka itu jgua dibaca terms and conditions nya, jangan-jangan barangnya cuma sedikit yang disiapin," jelas Teddy.

Selain itu saat momen khusus seperti 12.12, dibutuhkan kesabaran pelanggan terutama dari segi logistik.

"Rantai distribusi itu harus dipahami ujung ke ujung. Pada saat itu semua orang akan membeli, ada yang belinya besar beli kulkas ada yang beli satu mi instan atau pasta gigi," candanya.

Ia menjelaskan bahwa untuk mengatur barang dengan jumlah besar sangatlah sulit. Apalagi dengan pemesanan yang berada di seluruh nusantara dan harus mengirimkannya untuk semua penjuru Indonesia.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0644 seconds (0.1#10.140)