Menengok Perjalanan iPhone hingga Akhirnya Mempunyai Harga Luar Biasa

Senin, 05 November 2018 - 13:00 WIB
Menengok Perjalanan...
Menengok Perjalanan iPhone hingga Akhirnya Mempunyai Harga Luar Biasa
A A A
CUPERTINO - Versi teratas dari Apple iPhone 2018 adalah XS Max. Dengan penyimpanan internal seluas 512 GB, ponsel tersebut dibanderol luar biasa mahal yakni Rp26,1 juta. Sejumlah orang berpendapat lebih baik membeli mobil dengan uang sebanyak itu.

Laman GSM Arena, Minggu (5/10/2018), menyebutkan, ponsel Apple telah menjadi pricier selama bertahun-tahun. Laman ini pun memberikan gambar grafik yang memperlihatkan proses menjulangnya harga iPhone.
Menengok Perjalanan iPhone hingga Akhirnya Mempunyai Harga Luar Biasa

Dimulai dengan iPhone 4S pada 2011. IPhone awalnya sangat bergantung pada subsidi operator, sehingga harga asli mereka disembunyikan dan sampai sekarang sulit dihitung. Karena itu pada grafik digunakanlah harga iPhone tanpa SIM saat diluncurkan di Jerman.

Grafik pertama berfokus pada model yang baru diperkenalkan setiap tahun dan berapa biayanya. Terlihat ponsel dengan penyimpanan dasar untuk yang satu ini. Dimulai dengan iPhone 5c, Apple juga menambahkan telepon dengan harga terjangkau ke lineup-nya. Sementara generasi iPhone 6 merupakan debut dari jajaran iPhone Plus.

Kemudian pada 2017 lineup-nya mulai tak beraturan. IPhone 8 disimpan sebagai model harga terjangkau, sedangkan duo iPhone kecil/besar yang sesungguhnya adalah iPhone X dan iPhone 8 Plus. Memang model utama 2018 adalah penerus X, sedangkan iPhone XR mengambil alih untuk iPhone 8 sebagai opsi termurah.
Menengok Perjalanan iPhone hingga Akhirnya Mempunyai Harga Luar Biasa

Apple selalu menyimpan beberapa model lama dengan biaya lebih rendah. Seakan memberi Anda pilihan untuk membeli unit baru dengan harga yang wajar.

Namun kenyataannya harga dari handset mereka cukup datar. Terutama dalam beberapa tahun terakhir di mana nilai jualnya disekitaran Rp8,5 juta, bahkan ada peluang naik hampir setiap tahun.

Hanya iPhone SE yang terjebak sebagai opsi termurah selama dua tahun meskipun pada tahun kedua mendapat dua kali lipat penyimpanan internal.

Dan titik tertingginya ada pada model tahun 2018, yakni iPhone XS Max 512 GB yang dilepas Rp28,1 juta (1.650 euro). Atau tiga kali lipat dari nilai model termurah yang tersedia di Apple Store (iPhone 7 32 GB seharga Rp8,9 juta).

Tanpa mengurangi rasa hormat tanpa kemampuan daya beli Anda, tampaknya kenaikan harga tidak menunjukkan tanda-tanda melambat. Sehingga tahun 2019 kemungkinan harga handset dari pabrikan Cupertino terbaru bakal lebih melambung lagi.

Tahun ini penjualan iPhone terpantau datar jika merujuk jumlah unit yang terjual. Tetapi pendapatannya lebih tinggi dari pabrikan penguasa pasar berkat harga jual rata-rata yang sedang tumbuh.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3103 seconds (0.1#10.140)