Tulisan Tangan Presiden Jokowi Kini Bisa Digunakan Semua Orang

Minggu, 02 September 2018 - 14:23 WIB
Tulisan Tangan Presiden Jokowi Kini Bisa Digunakan Semua Orang
Tulisan Tangan Presiden Jokowi Kini Bisa Digunakan Semua Orang
A A A
JAKARTA - Kini model tulisan tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah berbentuk aplikasi font di internet dengan nama Jekawe. Font Jekawe mengkonversi gaya tulisan tangan asli Jokowi menjadi sebuah font.

Arwan OD pencipta Jekawe ini adalah personal project Locomotype yang tidak terafiliasi dengan pihak manapun, sehingga siapapun bisa menggunakan font ini tanpa dibatasi oleh perbedaan pandangan politik tertent

"Sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kami kepada presiden Indonesia saat ini, Joko Widodo atas dedikasi dan loyalitasnya dalam memimpin dan membangun Indonesia," ujar Arwan tentang font Jekawe dalam situs resminya.
Tulisan Tangan Presiden Jokowi Kini Bisa Digunakan Semua Orang

Font Jekawe mengkonversi gaya tulisan tangan Jokowi menjadi sebuah font. Arwan mengatakan, personal project Locomotype tidak terafiliasi dengan pihak manapun, sehingga siapapun bisa menggunakan font ini tanpa dibatasi oleh perbedaan pandangan politik tertentu.

"Awalnya kami sempat berandai-andai, jika saja bisa mendapatkan secara lengkap tulisan tangan pak Jokowi mulai dari uppercase, lowercase, number, simbol hingga tanda baca, tentu ini akan lebih menantang dan menarik atau setidaknya kami memiliki lebih banyak transkrip tulisan tangan asli. Namun siapalah kami yang hanya remukan rengginang, belum berani bermimpi ketemu pak Jokowi," lanjutnya.

Dia kemudian mencari referensi gaya tulisan Jokowi lewat Google. Dia menemukan beberapa transkrip tulisan tangan Jokowi. Dia lalu menjiplak sebanyak mungkin setiap karakter berbeda. Terbanyak karakter huruf kecil. Dari beberapa transkrip tulisan tangan Jokowi tersebut, kami ‘menjiplak’ sebanyak mungkin setiap karakter berbeda yang bisa kami kumpulkan. Yang terbanyak adalah karakter huruf kecil (lowercase), dimana kami bisa mengumpulkan karakter sesuai gaya asli serta tambahan sedikit improvisasi hingga 6 varian untuk setiap karakter lowercase.

"Kami mengalami kesulitan saat mengolah karakter huruf besar (uppercase), simbol dan tanda baca (punctuation). Di sini kami lebih banyak melakukan improvisasi berdasarkan lowercase dan beberapa uppercase yang berhasil kami kumpulkan. Sehingga kami tidak menggaransi jika font Jekawe ini akan 100% persis tulisan tangan pak Jokowi," urainya.

Fitur ini akan aktif secara otomatis jika font digunakan pada sebagian besar software Adobe terutama Illustrator dan Photoshop. Dan juga pada CorelDrawX6 ke atas. Untuk penulisan di Microsoft Word, fitur opentype tidak berlaku otomatis, font ini bisa diterapkan di software Ms Word ataupun telepon genggam dengan sistem operasi Android dan iOS.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7983 seconds (0.1#10.140)