Presiden Rusia Vladimir Putin Pamer Mobil ke Donald Trump

Kamis, 26 Juli 2018 - 12:30 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin Pamer Mobil ke Donald Trump
Presiden Rusia Vladimir Putin Pamer Mobil ke Donald Trump
A A A
Pertemuan dua tokoh besar dunia, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump berlangsung menarik di Helsinki, Finlandia, beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Vladimir Putin menyempatkan diri memamerkan mobil kenegaraan Rusia yang diberi nama Aurus Senat Limousine. Donald Trump sebenarnya tidak mau kalah juga. Dia juga membawa mobil kenegaraan yang diberi nama Cadillac One: The Beast di acara tersebut.

Namun, mobil terbaru tersebut kurang mencuri perhatian karena memang kerap warawiri di setiap kunjungan Donald Trump di berbagai negara di dunia. Aurus Senat dibuat dan dikembangkan oleh NAMI, institusi penelitian mobil dan mesin automotif Rusia. Limosin antipeluru ini dibekali mesin berkapasitas 4,4 liter V8 yang dikembangkan oleh NAMI bersama Porsche.

Tenaga sebesar 600 daya kuda digunakan untuk menggerakkan mobil yang memiliki panjang lebih dari 6,7 meter dan berat 6,3 ton itu. Mobil ini diterbangkan ke Helsinki beberapa hari sebelumnya, menggunakan pesawat Ilyushin Il-76.

Menariknya lagi, mobil ini rencananya juga dipasarkan secara massal untuk publik mulai 2019. Menurut Interfax Rusia (agensi media internasional), kalau dijual untuk umum, ditaksir harga mobil ini USD160.000 atau sekitar Rp2,3 miliar.

Mobil ini juga tersedia dalam bentuk sedan, bukan hanya limosin. Bahkan, rencananya mobil yang mukanya mengingatkan pada desain mobil-mobil Rolls-Royce ini, hanyalah satu dari beberapa produk baru lain yang hendak dijual.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9256 seconds (0.1#10.140)