Lintasarta-UGM Bangun Co-Working Space Dorong Start-up Lokal

Senin, 05 Maret 2018 - 01:01 WIB
Lintasarta-UGM Bangun Co-Working Space Dorong Start-up Lokal
Lintasarta-UGM Bangun Co-Working Space Dorong Start-up Lokal
A A A
YOGYAKARTA - Lintasarta, ICT Total Solution Company berkomitmen mendukung pengembangan kreativitas dan inovasi berbasis teknologi digital dengan menggandeng Universitas Gadjah Mada (UGM).

Komitmen ini diwujudkan dalam kerja sama pengembangan co-working space di kawasan kampus UGM, yakni Innovative Academy Hub untuk mengakselerasi kiprah startup karya mahasiswa, dosen, alumni serta masyarakat luas melalui Appcelerate Program.

Khusus untuk startup karya mahasiswa adalah hasil bentukan program Innovative Academy, program inkubasi semiterstruktur UGM sejak 2014. Program telah berhasil menumbuhkan startup digital dengan mendorong para mahasiswa berani berkreasi dan memulai langkah maju sebagai wirausahawan.

Innovative Academy Hub ini diharapkan dapat menumbuhkan kegiatan ekonomi produktif. "Co-working space ini dilengkapi dengan infrastruktur seperti high-speed internet, cloud untuk para startup, serta melibatkan para ahli dan praktisi yang akan berperan sebagai mentor untuk mendampingi mereka membangun bisnis berbasis solusi digital," kata Presiden Direktur Lintasarta, Arya Damar, Senin (5/3/2018).

Dalam waktu dekat, Lintasarta dan UGM akan melaksanakan Innovative Academy Appcelerate Program. Sebuah ajang penjaringan tim startup yang memiliki solusi permasalahan dalam bentuk inovasi produk atau aplikasi digital.

“Innovative Academy Appcelerate adalah salah satu model social investment bekerja sama dengan UGM dalam pengembangan SDM dan menyediakan sarana aktualisasi bagi para inventor di Yogyakarta menjadi technopreneur," ucap Arya Damar.

Sementara Rektor UGM, Panut Mulyono mengatakan, sinergi UGM-Lintasarta diharapkan dapat menumbuhkan semangat socioentrepreneurial dan mendorong mahasiswa menghasilkan berbagai solusi digital atas permasalahan yang terjadi di masyarakat. "Innovative Academy Hub yang dibangun dengan dukungan Lintasarta sangat strategis keberadaannya guna menjadi co-working space di lingkungan kampus,” tuturnya.

Innovative Academy Appcelerate Program akan dilaksanakan pada pertengahan Tahun 2018, dilanjutkan dengan serangkaian kegiatan yang meliputi kick-off program, one-on-one mentoring, bisnis gathering, pitching, dan angle and venture meeting. Puncaknya adalah evaluasi dan pemilihan startup terbaik yang akan dilakukan pada bulan November 2018. Pelaksanaan kegiatan ini akan dikelola oleh PT Gama Inovasi Berdikari, inkubator bisnis yang dibentuk UGM dan diberi mandat untuk mengelola startup bisnis digital.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8962 seconds (0.1#10.140)