Transformasi Digital Sistem Database Terus Bergeliat

Selasa, 26 Desember 2017 - 09:01 WIB
Transformasi Digital Sistem Database Terus Bergeliat
Transformasi Digital Sistem Database Terus Bergeliat
A A A
JAKARTA - Transformasi digital pada model bisnis saat ini telah mendorong inovasi manajemen database open source. Biaya menjadi faktor pertimbangan penting dalam menghadapi pesatnya ekspansi informasi dan data di lingkungan perusahaan.

Menurut laporan The State of Open Source RDBMS 2015 keluaran Gartner menyatakan bahwa pasar OSDBMS bernilai US$562 juta dan tumbuh 32% dari tahun ke tahun sejak 2013. Gartner memprediksi bahwa lebih dari 70% aplikasi baru akan dikembangkan pada OSDBMS pada 2018.

Rendahnya biaya kepemilikan total (TCO) disebutkan sebagai alasan utama. Dan PostgreSQL sebagai Object Based Relational Database Management System (ORDMS) menjadi salah satu
solusi sistem database komersial berbayar.

Seiring perkembangan positif PostgreSQL, para perusahaan di balik inisiatif manajemen data open source juga semakin matang. Salah satu perusahaan tersebut adalah PT. Equnix Business Solutions. Perusahaan mengungkapkan bahwa masyarakat bisnis Indonesia telah siap mengadopsi PostgreSQL dengan lebih mendalam.

“Pasar Indonesia kini lebih membuka diri terhadap platform dan solusi database open source dalam bisnis yang merupakan peluang bagus untuk produk database open source seperti PostgreSQL,” kata kata Julyanto Sutandang, CEO PT. Equnix Business Solutions, dalam keterangan resminya, Senin (25/5/2017).

Julyanto menambahkan bahwa Equnix berkontribusi sebagai penyedia layanan professional maintenance PostgreSQL terbanyak di Indonesia pada beragam sektor eksklusif seperti perbankan, finansial, industri, dan lainnya yang telah memahami performa tinggi PostgreSQL sebagai sistem database.

Dalam hal ini, Equnix juga ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia kini memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap ORDBMS open source dan masuk ke dalam jajaran negara-negara yang terlebih dahulu mengaplikasikan sistem database PostgreSQL seperti Amerika Serikat dan Jepang.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9833 seconds (0.1#10.140)