Awas, Aplikasi Dapat Menjadikan Kamera iPhone sebagai Pengintai

Rabu, 01 November 2017 - 14:02 WIB
Awas, Aplikasi Dapat Menjadikan Kamera iPhone sebagai Pengintai
Awas, Aplikasi Dapat Menjadikan Kamera iPhone sebagai Pengintai
A A A
CALIFORNIA - Kecanggihan kamera pada smartphone memang dapat membantu penggunanya untuk mendapatkan hasil gambar yang bagus.

Namun belum banyak yang tahu ternyata kamera smartphone juga dapat menjadi kamera mata-mata. Hal ini terungkap setelah seorang pengembang Google bernama Felix Krause telah menemukan aplikasi di iPhone yang dapat melakukannya.

Krause mengilustrasikan bagaimana aplikasi tersebut bekerja menjadi kamera mata-mata dan secara diam-diam mengambil foto. Bahkan pengguna pun tidak akan mengetahui bila aplikasi tersebut telah mengambil foto.
Selanjutnya, aplikasi ini akan mengirimkan foto tersebut ke server di luar tanggung jawab Apple. "Pengguna iOS sering memberi akses kamera ke aplikasi segera setelah mereka mengunduhnya (misalnya menambahkan avatar atau mengirim foto)," tulis Krause dikutip dari Petapixel, Rabu (1/11/2017).

Lebih lanjut dijelaskannya, aplikasi ini seperti aplikasi perpesanan atau aplikasi berbasis feed berita. Mereka dapat dengan mudah melacak wajah pengguna, memotret, atau streaming langsung kamera depan dan belakang tanpa sepengetahuan pengguna.

Sayangnya Krause tidak membocorkan nama aplikasi tersebut. Dan dalam praktik keseharian, memanfaatkan kamera menjadi kamera pengintai melalui aplikasi tentu saja perlu izin dari pengguna smartphone itu sendiri.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.5129 seconds (0.1#10.140)