Kemkominfo Minta Netizen Tak Membuat Cemas Masyarakat

Senin, 02 Oktober 2017 - 10:01 WIB
Kemkominfo Minta Netizen Tak Membuat Cemas Masyarakat
Kemkominfo Minta Netizen Tak Membuat Cemas Masyarakat
A A A
BANDUNG - Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika Kemkominfo, Rosa Niken Widiastuti menilai ada prilaku nitizen yang sengaja membuat cemas masyarakat. Karena itu, minta media agar cek dan ricek.

"Akhir-akhir ini ada upaya prilaku sosial media yang sengaja menimbulkan kecemasan masyarakat. Misalnya, tentang upaya membangkitkan kembali PKI. Dan ini meresahkan masyarakat," tukasnya saat membuka Media Gathering Forum Merdeka Barat (FMB) 9 di Bandung, kemarin malam.

Selain itu, kata Niken, informasi lain yang membuat masyarakat Indonesia cemas adalah terkait WhatsApp berantai konferensi press di rumah AH Nasution, ternyata tidak benar dan ada acara ulang tahun. Artinya, ada yang senang membuat gaduh pada moment Hari Kesaktian Pancasila.

"Bahkan, dari WA beredar kalau kemarin (Sabtu,30/9/2017) akan mengibarkan bendera setengah tiang. Sumbernya dari Sosial media, ternyata saat dicek tidak benar," bebernya.

Atas dasar itulah, Niken berharap juga kepada para pelakilu media baik cetak, televisi, radio maupun online serta media sosial agar bisa klarifikasi kalau mencari informasi yang benar yang media meanstrem lakukan.

"Jadi kalau sudah bicara data berita kami harapkan sudah akuran. Memang saat ini unsur kecepatan penting, tetapi akursi pemberitaannya juga penting. Karena masyarakat tidak semuanya dapat klarifkasi," tukas dia.

Niken, menyampaikan klarifikasi bila ada hal-hal yang perlu diklarifikasi atau counter narasi. Sebab, saat ini yang dilalukan pemerintah selalu mendapat tanggapan positif dan negatif.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9139 seconds (0.1#10.140)