Pemenang Socio Digi Leader Prioritaskan Dampak untuk Indonesia

Jum'at, 29 September 2017 - 20:01 WIB
Pemenang Socio Digi Leader Prioritaskan Dampak untuk Indonesia
Pemenang Socio Digi Leader Prioritaskan Dampak untuk Indonesia
A A A
JAKARTA - Startup Share Cup dinobatkan sebagai pemenang Socio Digi Leader (SDL) 2017. Untuk menjadi juara pada ajang yang berlangsung di Gedung Bandung Digital Valley ini Share Cup harus berjibaku menyisihkan ratusan peserta SDL lainnya yang bahkan berasal dari Australia, Belanda, Jerman, India, dan Perancis.

CEO Share Cup Steven Aditya mengatakan, pihaknya memberi alternatif kepada advertiser melalui paper cup dengan harga jauh lebih hemat. Bersama rekan-rekannya, yaitu COO Share Cup Eunike Regina Febby dan CEO Technology Share Cup Yosua Nathanael, ketiganya sebenarnya tak berlatar TIK.

Ketiganya mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Nanyang Technological University. Steven merupakan mahasiswa teknik mesin, Yosua teknik elektro, dan Eunike dari teknik kimia. Akan tetapi, rasa ingin memberi dampak sosial kepada Indonesia, membuat mereka belajar otodidak.

"Semua tentang coding juga belajar dari internet dan scratch. Design juga waktu itu pakai power point. Tapi penting sekali dalam setiap aplikasi start up mempertimbangkan dampak sosial. Kalau hanya bisa menghisap sumber daya tanpa memberi impact, Indonesia bisa hancur," ujar Steven, saat dinobatkan sebagai pemenang SDL 2017, Jumat (29/9/2017).

Share Cup dinobatkan menjadi juara setelah berhasil menciptakan aplikasi teknologi informasi komunikasi (TIK), bagi para pengusaha minuman jika gelas habis maka bisa disampaikan infonya untuk dipasok kembali dari iklan yang tertera pada sebuah gelas. Tak kalah pentingnya, bahan baku gelas tersebut dibuat dari kertas yang mudah diurai sehingga ramah lingkungan.

Share Cup akan memperoleh hadiah Rp60 juta, beasiswa, serta company visit ke Eropa. Selepas mereka, juara kedua diraih Travel Share (Rp 45 juta, beasiswa, dan company visit ke Hongkong) dan juara ketiga Market Hub (Rp 30 juta, beasiswa, dan company visit ke Hongkong).

SDL 2017 sendiri merupakan sebuah kompetisi sosial berbasis TIK yang dihelat PT Telkom sepanjang pertengahan Mei hingga akhir September ini. Dan gelaran kali ini merupakan yang kedua kalinya setelah sukses pada 2016 lalu.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4433 seconds (0.1#10.140)