Telkom Latih UMKM Belajar Pasarkan Produk Lewat Situs Online

Sabtu, 23 September 2017 - 12:31 WIB
Telkom Latih UMKM Belajar Pasarkan Produk Lewat Situs Online
Telkom Latih UMKM Belajar Pasarkan Produk Lewat Situs Online
A A A
JAKARTA - Dalam mendorong usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menembus pasar global, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk terus mengoptimalkan keberadaan Rumah Kreatif BUMN (RKB) untuk meningkatkan wawasan dan daya saing para pelaku usaha. Salah satunya melalui pelatihan operasional pemasaran online dan listing penjualan produk di situs e-commerce.

Direktur Wholesale & Internasional Service Telkom, Abdus Somad Arief mengemukakan, sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam bidang telekomunikasi digital, TelkomGroup berkomitmen mendukung penuh peningkatan kualitas UMKM Indonesia melalui pemanfaatan teknologi digital.

“TelkomGroup mendukung penuh digitalisasi UMKM di Indonesia dengan infrastruktur ICT yang menjangkau seluruh nusantara dengan akses global, sehingga memungkinkan para pelaku UMKM di seluruh Indonesia, khususnya UMKM binaan RKB BUMN, untuk mulai menjalankan bisnisnya dengan memanfaatkan teknologi digital," ujarnya, dalam keterangan pers, baru-baru ini.

"Selain itu, dari sisi aplikasi, TelkomGroup juga terus mendorong implementasi pengelolaan UMKM berbasis aplikasi digital serta membantu listing produk-produk UMKM di situs e-commerce Blanja.com,” lanjutnya.

Dalam setiap pengelolaan RKB BUMN, UMKM akan melalui tiga tahap mulai dari Go Modern, Go Digital, dan Go Online. Go Modern dimulai dari bimbingan registrasi di situs www.rkb.id, standarisasi produk, serta pelatihan pengelolaan branding.

Kemudian, pelaku UMKM masuk ke tahap Go Digital untuk mendapatkan pelatihan implementasi apps digital, social media dan otomatisasi produk. Tahapan terakhir adalah Go Online, di mana para pelaku UMKM mendapatkan pelatihan mengenai pembuatan website, listing di situs e-commerce Blanja.com, serta pelatihan marketing dan motivasi tentang bagaimana tumbuh dan menginspirasi UMKM lainnya.

Hingga saat ini, terdapat total 441.514 UMKM RKB BUMN. Di mana 434.081 UMKM di antaranya telah Go Modern, 7.433 UMKM diantaranya telah Go Digital, dan 6.032 UMKM telah Go Online.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7969 seconds (0.1#10.140)