Siapa Bilang Merawat BMW Mahal

Jum'at, 25 Agustus 2017 - 19:15 WIB
Siapa Bilang Merawat...
Siapa Bilang Merawat BMW Mahal
A A A
BICARA BMW, merek mobil asal Jerman ini identik dengan kendaraan mewah. Maklum harga baru mobil ini cukup tinggi.

Melihat citra tersebut, BMW disebut-sebut sebagai mobil yang membutuhkan perawatan rumit dan biaya mahal. Namun, hal itu tidak semuanya benar.

Erwin Firdiansyah, pemilik showroom Lapak Bimmers di Jati Asih, Bekasi mengungkapkan, merawat mobil BMW itu mudah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kendaraan awet dan tidak banyak mengeluarkan biaya perawatan.

"Sebenarnya sama seperti perawatan mesin mobil pada umumnya, servis rutin dan ganti oli. Ikutin saja manual book-nya pasti mobil awet," ujar pria yang akrab disapa Awin tersebut, di Bekasi, Jumat (25/8/2017).

Awin menekankan, usahakan agar mobil BMW tidak memakai BBM oktan rendah seperti premium. Sebaiknya menggunakan bensin dengan oktan yang sesuai.

Selain itu, agar mesin lebih awet disarankan memanaskan mobil terlebih dahulu. "Panasin paling lama 10 menit biar oli merata dalam mesin. Jadi jangan jalan dulu kalau mesin masih dingin," terangnya.

Awin, yang juga anggota BMWCCI ini juga menyarankan agar menggunakan onderdil asli jika ada bagian yang sudah aus. Sebab hal ini akan berdampak pada keberlangsungan mesin itu sendiri.

"Onderdil baiknya yang ori. Soalnya apa? Kalau electrikal yang diganti tidak ori, fungsinya jadi kurang baik dan mobil juga jadi tidak awet," terangnya.

Awin mengatakan bagian yang paling krusial pada BMW adalah bagian ECU (electric control unit). Sebab, BMW sudah menggunakan sistem komputerisasi.

"BMW itu masalahnya kalau kerendem air, kan servisnya komputerisasi. Kalau kerendam air ECU-nya pasti ngaco. ECU-nya yang mahal," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0859 seconds (0.1#10.140)