Tiga Tahapan Pendanaan Startup

Minggu, 30 Juli 2017 - 06:23 WIB
Tiga Tahapan Pendanaan Startup
Tiga Tahapan Pendanaan Startup
A A A
JAKARTA - Ada beberapa tahap pendanaan yang diraih startup alias perusahaan rintisan dalam mengembangkan usaha. Tahap-tahap ini menyangkut seberapa besar ide bisnis mereka memiliki nilai di mata pemodal (investor).

Dalam catatannya, Senior Content Marketer iPrice Andrew Prasatya mengungkapkan, ada tiga tahapan pendanaan yang diraih perusahaan startup. Ketiga tahapan tersebut adalah:

Pertama, Bootstraping. Tidak semua startup bisa mendapatkan investor yang langsung tertarik mengucurkan uang untuk model bisnis yang dimiliki. Sehingga, sering kali para pendiri startup harus menggunakan sumber daya yang mereka miliki saat ini. Tahap ini disebut sebagai Bootstraping.

Kedua, Seed Funding. Yaitu pendanaan tahap awal yang didapatkan perusahaan startup. Seed funding biasanya digunakan startup untuk membuktikan bahwa ide bisnisnya dapat berjalan sebelum mencari dan mendapatkan pendanaan tahap selanjutnya.

Ketiga, Seri-A, B, ... Funding. Setelah tahap seed funding biasanya perusahaan akan masuk ke tahap seri-A, B, C dan seterusnya. Pada tahap ini, perusahaan startup sudah siap menerima pendanaan dari venture capital.

"Venture capital adalah perusahaan yang mengumpulkan dana dari berbagai sumber, baik dari individu atau kelompok. Dana yang mereka kumpulkan akan disalurkan ke startup atau perusahaan rintisan yang dirasa dapat menguntungkan mereka. Sebagai imbal balik, venture capital akan mendapatkan imbalan dalam bentuk saham dari startup atau perusahaan rintisan tersebut," ujar Andrew.

Adapun jumlah uang yang diterima pada tahap ini biasanya jauh lebih besar dari tahap seed. Dalam tahap ini, perusahaan startup akan menawarkan saham sebagai imbal balik dari uang yang diterima venture capital.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4706 seconds (0.1#10.140)